PERKI Cirebon Pecahkan Rekor Muri Melalui Senam Jantung Nusantara Secara Online

 PERKI Cirebon Pecahkan Rekor Muri Melalui Senam Jantung Nusantara Secara Online

REKOR MURI: PERKI Cabang Cirebon menggelar senam jantung sehat Nusantara terbanyak secara online se Indonesia memecahkan rekor MURI yang tersentral di Stadion Gelora Bung Karno.-ABDULLAH-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON-Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia disingkat PERKI (Indonesian Heart Association) Cabang Cirebon memperingati Hari Kesehatan Jantung se-Dunia, acara berlangsung Minggu (2/10) di Stadion Bima dengan menggelar Senam Jantung Nusantara yang diikuti ribuan peserta. Bahkan senam jantung nusantara ini dilaksanakan secara online serentak di 43 Cabang PERKI se-Indonesia yang dipusatkan di Gelora Bung Karno.  

Ketua PERKI Cabang Cirebon, Dr Suhendiwijaya SpJP FIHA mengatakan, pada  hari ini 2 Oktober 2022,  kami dari PERKI Cabang Cirebon mengadakan acara puncak hari kesehatan jantung sedunia dengan menggelar senam jantung nusantara. Acara ini, kata Suhendiwijaya, serentak diikuti 43 Cabang PERKI se-Indonesia yang terpusat di Stadion Gelora Bung Karno.

Sebelum acara puncak senam jantrung nusantara ini, lanjut Suhendiwijaya, sebelumnya didahului berbagai kegiatan tentang edukasi kesehatan jantung melalui IG Talks, Webinar, talskhow.  peringatan hari kesehatan jantung se Dunia ini diperingati setiap tanggal 29 September  dan menjadi acara rutin sejak 29 September 1999.

Pihaknya juga membeberkan, perkembangan penyakit jantung di Indonesia terus mengalami peningkatan, termasuk di setiap  kunjungan di RS Ciayumajakuning meningkat. Bahkan secara nasional angka penyakit jantung meningkat 17 kali. Malahan  dari laporan secara internasional 80 persen kematian terjadi pada negara berkembang. Kondisi ini tentu saja banyak factor,  yakni Faktor yang tidak bisa dirubah mulai dari  usia jenis kelamis, keturunan, serta faktor yang bisa dirubah seperti merokok,  hipertensi,  gaya hidup.

BACA JUGA:Pantai Kejawanan Cirebon Kembali Tutup, Buka Lagi Tanggal 5 Oktober 2022

"dulu penyakit infeksi tertinggi penyebab kematian, sekarang justru tertinggi banyak yang meninggal karena penyakit jantung," bebernya.

Untuk itu dirinya berharap menghindari penyakit jantung melalui kontrol pola makan, istirahat cukup, setahun sekali general chek up,

Ketua Panitia, Dr Pangeran Akbar Syah SpJP FIHA menjelaskan , kegiatan senam jantung Nusnatara ini sebenarnya rangkaian kegiatan peringatan hari kesehatan jantung se dunia, dan PERKI Cirebon berkumpul menggelar senam jantung nusantara.

Lebih jauh Pangeran menjelaskan, sebelumnya  PERKI Cabang Cirebon menggelar seminar,  talksho, IG Talk, Reels tentang kesehatan jantung.  

BACA JUGA:Jadwal Operasi Zebra Lodaya 2022 di Kota Cirebon, Berlangsung 14 Hari

“puncaknya senam jantung nusantara, serentak se indonesia berpusat  di GBK, senam bareng. ingin memecahkan rekor Muri,” tandasnya

setiap daerah, kata Pangeran, menggelar  senam jantung di masing-masing cabang,  termasuk PERKI Cabang Cirebon menggelar senam masal online terbanyak target 20 ribu peserta.

Pangeran juga menambahkan, saat ini Kementrian Kesehatan (Kemenkes) ingin memajukan layanan kardiovaskuler, setidaknya 1 propinsi bisa melakukan operasi jantung,  dan RSD Gunung Jati ditunjuk kemenkes sebagai rujukan pelayanan penyakit jantung. Hal ini penting karena banyak yang meninggal dunia karena penyakit jantung di usia produktif. Karenanya Kemenkes berupaya melakukan percepatan pelayanan kardiovaskuler, setidaknya setiap provinsi bisa melakukan pelayanan operasi bedah jantung.

BACA JUGA:Penemuan Mayat di Selokan Pabuaran Serang, Identitasnya Sudah Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: