Sunan Gunung Jati Keturunan Rasulullah SAW dari Jalur Ayah, Begini Urutannya

Sunan Gunung Jati Keturunan Rasulullah SAW dari Jalur Ayah, Begini Urutannya

Sunan Gunung Jati yang masih keturunan Rasulullah SAW. Gambar hanya ilustrasi. -Ilustrasi/Dzulham Fadoli-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Sunan Gunung Jati memiliki garis keturunan hingga Rasulullah SAW, berdasarkan beberapa naskah termasuk literatur di keraton.

Garis keturunan Rasulullah SAW ke Sunan Gunung Jati tidak lepas dari kisah Rara Santang yang belajar agama ke tanah suci kemudian menetap di Timur Tengah.

Di sana, Rara Santang menikah dengan Raja Abdullah (Syarif Abdullah) dengan Rara Santang, karena itu Sunan Gunung Jati masih keturunan Rasulullah SAW.

Kemudian setelah mendalami agama Islam, kembali ke tanah leluhurnya dan memutuskan melakukan dakwah di wilayah Cirebon dan sekitarnya.

BACA JUGA:Manchester United Dapat Tiga Poin Saat Melawan Omonia Nicosia, Rashford Jadi Penentu Kemenangan

Tidak hanya berdakwah, Sunan Gunung Jati juga menjadi kepala negara atau pemerintahan dan membawa Kesultanan Cirebon menjadi sangat disegani.

Bahkan, menjadi kerajaan yang diperhitungkan termasuk oleh Kerajaan Pajajaran pimpinan Prabu Siliwangi yang notabene adalah kakeknya sendiri.

Berikut Gambaran Silsilah Sunan Gunung Jati yang masih keturunan Rasulullah SAW sesuai dengan Naskah Kuningan.

  • Nabi Muhamad SAW
  • Siti Fatimah
  • Sayid Husain
  • Zainal Abidin
  • Syekh Zainal Kabir
  • Syekh Zumadil Kubro
  • Raja Umrah Qadara [dari mesir]
  • Sultan Banisrail, Menikah dengan Rara Santang, berputra Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati

BACA JUGA:Tragedi Kanjuruhan Tidak hanya 6 Tersangka, Kapolri: Kemungkinan Ada Penambahan

Melansir Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Indonesia, dan menurut Ensiklopedi Ulama Nusantara, Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati berasal dari Mesir dan dilahirkan pada tahun 1448.

Menurut Purwaka Caruban Nagari, pada masa remajanya, ketika umur 20 tahun, Syarif Hidayatullah telah berguru kepada Syekh Tajudin al-Kubri selama 2 tahun dan Syekh Ataillahi Syazally yang bermazhab Syafei.

Guru Syarif Hidayatullah lainnya adalah Syekh Nur Jati (Datuk Khafidz), Sunan Ampel, Syekh Najmurini (Nujumuddin) Kubra di Mekkah, Syekh Sidiq, Syekh Bentong, dan Syekh Quro.

Syarif Hidayatullah pernah beberapa kali menikah; pernikahan pertama dengan Retna Pakungwati (Putri Pangeran Cakrabuana) dikaruniai dua anak, yaitu: Ratu Ayu (istri Fatahillah) dan Pangeran Pesarean (Dipati Muhammad Arifin).

BACA JUGA:Resmi Diumumkan, Inilah Nama-nama Tersangka Tragedi Kanjuruhan Malang

Pernikahan dengan Nyi Ong Tien

Pernikahan kedua dengan Ong Tien (Putri Cina, berganti nama Rara Sumanding) tidak berlangsung lama, karena Ong Tien meninggal dunia.

Pernikahan ketiga dengan Nyi Mas Retna Babadan (Putri Ki Gedeng Babadan); keempat dengan Dewi Kawunganten (Putri Ki Gedeng Kawunganten, Banten) dikaruniai dua anak, yaitu:; Ratu Winaon dan Pangeran Maulana Hasanuddin (Sultan Banten I).

Kelima dengan Nyi Mas Rara Kerta (Putri Ki Gedeng Jatimerta) dikaruniai dua anak: Pangeran Jaya Lelana dan Pangeran Brata Lelana.

Silsilah keturunan Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati dari jalur ayah sampai pada Rasulullah SAW. Secara singkat sebagai berikut.

BACA JUGA:Tersangka Tragedi Kanjuruhan Diumumkan Kapolri, Termasuk yang Perintahkan Tembak Gas Air Mata

Rasulullah SAW mempunyai seorang putri bernama Siti Fatimah yang berputra Sayid Husein yang berputra Zainal Abidin yang berputra Syekh Zainal Kabir yang berputra Syekh Jumadil Kubra dari Quswa.

Yang berputra Raha Umrah-Raja Odhara dari Mesir yang berputra Sultan Bani Israil yang berputra Syarif Hidayatullah.

Adapun silsilah Syarif Hidayatullah dari jalur ibu sampai ke Prabu Bunisora adalah sebagai berikut: Sang Prabu mempunyai anak Ki Gedeng Kasmaya (Ki Ageng Giridewata) Penguasa Carbon Girang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: