Hasil Mutasi Pejabat Pemkot Cirebon: Lurah Kecapi dan Karya Mulya Tuker Kursi

Hasil Mutasi Pejabat Pemkot Cirebon: Lurah Kecapi dan Karya Mulya Tuker Kursi

Pisah sambut sekaligus tuker kursi lurah kecapi dengan lurah karya Mulyad, Kamis 20 Oktober 2022.-ABDULLAH-RADAR CIREBON

Radarcirebon.com, CIREBON – Tukar kursi terjadi di rotasi  mutasinya pekan lalu. Seperti Lurah kecapi tukar tempat dengan Lurah Karyamulya.

Pisah sambut sesama lurah ini digelar Kamis 20 Oktober 2022 di gedung serbaguna Kelurahan Kecapi Kecamatan Harjamukti.

Sesuai rotasi mutasi, 127 pejabat di lingkup Pemerintah Kota Cirebon dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Wali Kota Cirebon pada Jumat 7 Oktober 2022  lalu, Wawan Gunawan termasuk salah satu pejabat yang dirotasi menjadi Lurah Kecapi. 

BACA JUGA:Umumkan 5 Daftar Obat Mengandung Etilen Glikol, Situs BPOM Mendadak Down, Waduh!

Sementara, Mimin Minarsih yang hampir enam tahu menempati jabatan Lurah Kecapi, dirotasi menduduki kursi Lurah Karyamulya, Kecamatan Kesambi.

Hadir dalam acara Pisah Sambut, Camat Harjamukti Rd Yuki Maulana Hidayat, staf Kelurahan Kecapi, Lembaga Kegiatan Masyarakat (LKK) yang terdiri dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Forum RW, kader PKK dan Posyandu.

Acara yang berlangsung sederhana namun hikmah ini diwarnai rasa haru, terutama bagi kader PKK dan Posyandu yang telah bekerjasama dengan lurah lama, Mimin Minasih.

BACA JUGA:BPOM Larang Etilen Glikol, 5 Daftar Obat Ini Melanggar Langsung Perintah Musnahkan

Tak ayal, air mata tidak bisa dibendung. Mereka saling berpelukan seolah tak mau berpisah.

Usai acara, Mimin mengatakan, acara tersebut baginya sangat istimewa. Pasalnya, dirinya telah bekerja selama hampir enam tahun membangun lingkungan di RW yang ada di Kelurahan Kecapi dengen membuahkan berbagai prestasi yang sangat membanggaan.

“Sangat luar biasa indahnya sekali, saya sendiri tidak  menyangka, saya terharu," kata Mimin.

BACA JUGA:Gagal Ginjal Akut Menyerang Anak Usia 6 Bulan Hingga 18 Tahun, Berikut Ciri-ciri Gejalanya

Mimin menambahkan, selama bertugas sebagai lurah,  dirinya sangat berkesan karena pada dasarnya Kelurahan Kecapi sudah bagus, kompak dan solit tinggal memoles dan mempercantik lagi.

Alhamdulillah, dengan kekompakan LKK bisa berjalan dengan baik dan terbukti bagi saya ini di luar dugaan sampai segininya. Bagi saya acara ini suatu penghargaan atau penghormatan yang luar biasa,” ucapnya.

Selama Mimin memimpin,  sedikitnya ada empat perhargaan yang diraih Keluarahan Kecapi, antara lain juara IVA Test Harapan I tingkat Provinsi Jawa Barat pada 2018.

BACA JUGA:Daftar Obat Sirup yang Ditarik BPOM Oktober 2022, Ada Termorex, Unibebi, Flurin DMP

Saat itu, lanjutnya, kelurahan untuk meraih penghargaan IVA Test membutuhkan waktu dua hingga tiga tahun, namun Kelurahan Kecapi hanya butuh tiga bulan.

Yang disayangkan,  pada tahun selanjutnya ada pandemi Covid-19 sehingga selama dua tahun lebih tidak ada kegiatan perlombaan, lebih fokus kepada pencegahan enyebaran Covid-19.

Penghargaan lainnya, kata Mimin, mewakili Pokja I Kota Cirebon di tingkat Provinsi Jawa Barat meraih Juara I Aji Busana pada 2019.

Prestasi Kelurahan Kecapi terus berlanjut, usai pendemi Covid-19 meraih Juara Favorite I Kampung Tangguh di RW 14 tingkat Polda Jawa Barat.

BACA JUGA:Komisi I DPRD Kota Cirebon Dukung Pemindahan Mapolres Cirebon Kota

“Terakhir kita dapat juara II PKK tingkat Kota Cirebon, sehingga pada 2022 Kelurahan Kecapi meraih dua penghargaan,” tandasnya.

Mimin berharap, apa yang dilakukan bersama-sama selama hampir enam bisa diteruskan bahkan bisa berkembang lebih baik lagi.

Sementara, Lura Kecapi yang baru, Wawan Gunawan mengatakan, apa yang sudah dibangun dan dilaksanakan oleh lurah sebelumnya pihaknya akan meneruskan dan menindaklanjuti  untuk kesinambungan pembangunan.

“Seperti acara pisah sambut tadi saya melihat antusias dan kekompakan LKK merupakan adalah modal dasar untuk kami, khususnya untuk saya pribadi, untuk bisa meneruskan program yang sudah dilaksanakan dan akan serta direncanakan oleh lurah sebelumnya,” kata Wawan.

BACA JUGA:Jauhi Obat Sirup Karena Berbahaya, Beralihlah ke Bawang Merah Sebagai Alternatifnya

Ia menambahkan, dirinya telah menyinggahi tiga kelurahan yakni di Kelurahan Drajat, Karyamulya dan saat ini di Kelurahan Kecapi, hampir sama karakternya yaitu guyub, kompak dan rukun bersatu.

“Harapan saya, apa yang baik dan yang terbaik mari kita lanjutkan. Terbosan baru kita mengikuti sesuai dengan ritme, aturan dan perkembangan zama yng kita lalui,” kata mantan ajudan Wakil Wali Kota Sunaryo HW ini.

Terpisah, Camat Harjamukti, Rd Yuki Maulana Hidayat mengucapkan selamat kepeda Lurah Kecapi yang baru dan melanjutkan prestasi-prestasi lurah sebelumnya.

BACA JUGA:Hasil Survei LSI Soal Tragedi Kanjuruhan: Polisi dan Penyelenggara Liga Pihak yang Paling Bertanggung Jawab

Sehingga kedepannya Kelurahan Kecapi lebih maju lagi dan berrsaing dengan kelurahan-kelurahan lain.

Sementara Ketua LPM Kecapi, HR. Tommy Mulyadi berharap, agar lebih memajukan Kelurahan Kecapi, karena kalau dilihat ini sangat potensial karena masih muda sehingga ada inovasi baru yang akan membangkitkan semangat dan tenaga baru bagi seluruh LKK di Kelurahan Kecapi.

Semangat dan antusiasme Ketua LPM Kecapi diamani Sekretaris Forom RW, Miskadi. Dirinya juga berharap, bisa bermitra dengan para rw untuk membangu Kelurahan Kecapi agar lebih maju.

“Dengan demikian kami selalu kompak dalan forum RW ini untuk mengembangkan lingkungan rw masing-masing,” pungkasnya. (abd)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase