Jawa Barat Juara Umum TTGN XXIII, Lampung Didaulat Tuan Rumah 2023 Mendatang

Jawa Barat Juara Umum TTGN XXIII, Lampung Didaulat Tuan Rumah 2023 Mendatang

JABAR JUARA: Provinsi Jawa Barat berhasil meraih predikat juara umum pada gelaran Teknologi Tepat Guna Nusantara (TTGN) XXIII yang dibuka Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Cirebon, Selasa malam (18/10).-Andri Wiguna-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON- Provinsi Jawa Barat berhasil meraih predikat juara umum pada gelaran Teknologi Tepat Guna Nusantara (TTGN) XXIII.

Selain memenangkan juara stand atau both terbaik dalam TTGN XXIII, Jawa Barat menang untuk dua kategori yakni Juara I Kategori Posyantek Berprestasi-Posyantek Mandiri Jaya dari Desa Balingbing, Pagaden, Kabupaten Subang  yang diketuai oleh Sarim dan Juara Favorit Kategori Inovasi TTG - Kupclang (alat pengupas kolang kaling) dari Desa Cisampih, Jatigede, Kab Sumedang yang diinovatori oleh Wahyu.

Kepala DPMD Jabar, Dr Ir H Dicky Saromi MSc menjelaskan, pemilihan Cirebon sebagai lokasi TTGN ke XXIII mengandung makna filosofi yang dalam dan membanggakan. “Selain Cirebon sebagai tanah para wali, juga sebagai miniatur Indonesia karena berbagai suku ada disini,” ujarnya.

Dicky bersyukur, Jabar kembali meraih Juara I untuk kategori stand terbaik. Kemudian disusul Lampung di peringkat kedua dan Bali berada diurutan ketiga. Tidak hanya itu, Jabar pun menjadi juara umum TTG Nusantara ke XXIII.
“Ini tentu keberhasilan semua pihak, terima kasih kepada para inovator, atas kerja kerasnya membantu pemerintah.

BACA JUGA:133 Daftar Obat Bebas Etilen Glikol Menurut BPOM, Bunda Wajib Tau

BACA JUGA:Anies Bertemu Habib Rizieq, NasDem Bandingkan dengan Teroris Insaf

Kami akan terus melakukan pendampingan agar semakin banyak muncul inovator-inovator lainnya yang nantinya diharapkan mampu untuk mendorong percepatan pembanguan di Jawa Barat,” imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan kesepakatan rakornis agenda TTG Nusantara ke XXIV dan XXV secara berurutan akan diselenggarakan di Provinsi Lampung pada Juni 2023 mendatang, dan tahun 2024 di Provinsi Jatim.

“Syukur alhamdulillah, Lampung mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah TTG Nusantara ke XXIV,” ujar Kepala Dinas PMDT Provinsi Lampung Dr Zaidirina MSi.

Usai Lampung ditetapkan sebagai tuan rumah Gelar TTG Nusantara ke XXIV, diadakan prosesi penyerahan bendera pataka Gelar TTG kepada Lampung yang diterima Dr Zaidirina MSi.

BACA JUGA:Dewi Perssik Sentil Lesti Kejora Usai Tampil di Konser Betrand Peto

BACA JUGA:Identitas Pelaku Penusukan Remaja di Cimahi Diungkap Polisi, Lihat Baik-baik Wajahnya

Di penghujung acara, Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Dr Ivanovich Agusta SP MSi menegaskan, seluruh alat yang dipamerkan pada Gelar TTGN akan didata dan didaftarkan untuk mendapat hak paten.

Acara penutupan TTG Nusantara ke XXIII juga dihadiri Wabup Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi, Sekretaris Badan Pengembangan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ir Razali, Kepala DPMD Provinsi Jawa Barat Dr Ir H Dicky Saromi MSc, Kepala DPMD Kabupaten Cirebon Erus Rusmana MSi dan sejumlah pejabat lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: