STMIK IKMI Cirebon Lolos P2MW

STMIK IKMI Cirebon Lolos P2MW

LOLOS: STMIK IKMI Cirebon menjadi salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Cirebon yang berhasil lolos seleksi dan memenangkan P2MW.-ADE GUSTIANA-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON- STMIK IKMI Cirebon menjadi salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Cirebon yang berhasil lolos seleksi dan memenangkan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), dari 316 perguruan tinggi di Indonesia di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Ketua pelaksana pelatihan Digital Marketing dan diseminasi kegiatan akhir P2MW STMIK IKMI Cirebon, Ade Irma Purnamasari MKom mengatakan program ini diikuti oleh tim mahasiswa yang aktif di STMIK IKMI Cirebon yang telah memiliki usaha dengan kategori produksi atau budidaya dan perdagangan.

Yakni melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha.

Untuk mendukung program Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek berkomitmen dalam penguatan perekonomian Indonesia dengan mencetak SDM wirausaha. Sehingga STMIK IKMI Cirebon dan mahasiswa berkesempatan untuk mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

BACA JUGA:Video Terakhir Anggita Putri di TikTok Sehari Sebelum Dibunuh di Indramayu

Ade Irma menambahkan, program-program yang dikembangkan adalah pembinaan kewirausahaan yang berbasis pada luaran Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi. Yaitu mengembangkan jejaring kerjasama Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) untuk menciptakan ekosistem yang kondusif untuk pengembangan kewirausahaan berbasis pada pengalaman (experiential learning).

Pengembangan dan pembinaan kewirausahaan mahasiswa STMIK IKMI Cirebon dengan melakukan pendampingan dan  pelatihan usaha yaitu Pelatihan Digital Marketing untuk memperkenalkan strategi pemasaran digital atau digital marketing untuk mendukung bisnis atau usaha yang dijalankan oleh mahasiswa.

“Pelatihan ini memberikan pemahaman penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang berkaitan dengan bisnis online yaitu ecommerce sebagai media penjualan secara online," ujar Ade Irma kepada Radar Cirebon kemarin.

Pelatihan menghadirkan narasumber dari startup Cirebondigital.com. Adapun peserta pelatihan adalah dosen dan mahasiswa di STMIK IKMI Cirebon, sebagai wujud program pembinaan mahasiswa wirausaha.

BACA JUGA:Warga Arab Rayakan Halloween, Ustadz Hilmi: Kita Bukan Ikut Arab Tapi...

Irma menambahkan, kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan kemahasiswaan yang bertujuan untuk pembinaan kewirausahaan yang berprinsip pada pengembangan karakter creative technopreneur, meliputi: pengembangan kepemimpinan kolaboratif (collaborative leadership), creative problem solving, innovative execution berbasis teknologi, keberanian mengambil risiko yang terukur dan bermanfaat membantu peningkatan kapasitas perguruan tinggi dalam pembinaan kewirausahaan yang berprinsip pada pengembangan karakter.

Acara tersebut dilanjutkan dengan diseminasi kegiatan akhir program P2MW, yaitu kegiatan yang ditujukan kepada kelompok usaha, dosen, dan mahasiswa agar memperoleh informasi, menerima, dan akhirnya memanfaatkan kegiatan kewirausahaan.

Kegiatan ini meliputi memperkenalkan produk wirausaha, kegiatan program legalitas produk, pelatihan dan pendampingan kelompok usaha, program kemitraan pasar produk dalam upaya pengembangan kerjasama komersialisasi produk-produk dan yang dihasilkan oleh kelompok usaha mahasiwa.

“P2MW ini dapat terlaksana atas dukungan dan bantuan pendanaan dari pemerintah melalui program Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: