Peran Orangtua Sangat Penting dalam Pengawasan Pergaulan Anak

Peran Orangtua Sangat Penting dalam Pengawasan Pergaulan Anak

Stevy Pattikawa memberikan materi seminar parenting yang bertemakan "Pergaulan Remaja dan Pola Asuhnya, Bersinergi Membentuk Profil Pelajar Pancasila" di SMPN 1 Kota Cirebon, Sabtu (5/11/2022).-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON-Indonesia merupakan negara yang akan menjadi tujuan LGBT. Maka dari itu peran orang tua dalam mengawasi anaknya dari pergaulan LGBT.

Hal tersebut ungkapkan Stevy Pattikawa ditemui radarcirebon.com usai memberikan materi seminar parenting yang bertemakan "Pergaulan Remaja dan Pola Asuhnya, Bersinergi Membentuk Profil Pelajar Pancasila" di SMPN 1 Kota Cirebon, Sabtu (5/11/2022).

"LGBT ini masuknya menggunakan hak asasi manusia. LGBT sudah masuk ke semua negara, hanya Indonesia dan Malaysia yang sekarang menjadi incaran Komunitas ini. Maka dari itu, peran orang tua sangat penting untuk mengawasi anaknya agar tidak masuk dalam komunitas ini,"ungkapnya.

Menurutnya, peran orang tua bagi perkembangan mental dan fisik anak merupakan bagian utama dalam kehidupan.

BACA JUGA:BRI Luncurkan Web Series “Modus Operandi”, Suguhkan Cerita Edukasi Cegah Social Engineering

"Kendati anak sudah menjalani pendidikan di sekolah, orang tua tidak bisa serta-merta melepaskan tanggungjawab anaknya,"ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kita Cirebon, Kadini kepada radarcirebon.com mengapresiasi kegiatan seminar di SMPN 1 Kota Cirebon tersebut.

"Seminar ini merupakan langkah awal bahwa Kota Cirebon peduli kepada keberlangsungan anak-anak sebagai penerus bangsa. Seminar ini juga menyangkut kepada pendidikan anak-anak kita, parenting ini penting. Melalui kegiatan ini orangtua mendapat pengetahuan lebih terkait kondisi pergaulan anak-anak masa kini. Sekolah adalah pendidikan tambahan dari apa yang sudah didapat di dalam rumah. Orang tua pun harus tahu bagaimana memberikan pemahaman dan pendidikan di dalam rumah untuk anak-anaknya,"ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala SMPN 1 Kota Cirebon, Lilik Agus Darmawan mengatakan, seminar parenting merupakan program tahunan SMPN 1 Kota Cirebon.

BACA JUGA:7 Curug di Majalengka yang Indah dan Menawan, Surga Alam yang Tersembunyi.

"Seminar ini bertujuan diikuti seluruh orang tua siswa sebanyak 1.000 orang mulai dari kelas 7 hingg kelas 9. Adapun tujuan diadakannya seminar yakni agar sinergitas antara sekolah orang tua dan juga masyarakat betul-betul kuat untuk mengamankan anak bangsa. Kita kaitkan juga dengan profit belajar Pancasila mengharapkan bahwa menjadi pelajar yang cerdas berkarakter,"katanya.

Sementara itu, Hera Damayanti selaku orang tua murid SMPN 1 mengungkapkan, orang tua siswa seharusnya tidak melepaskan peran kepada pihak sekolah, karena bagaimanapun sekolah hanya beberapa persen dalam andil pendidikan anak.

"Kita (orang tua) seharusnya bersinergi dengan pihak sekolah, apa saja yang bisa disupport dengan pihak sekolah, masukan dari sekolah kita terbuka, dan saling mendukung,"ungkapnya.

BACA JUGA:Wisata Cirebon yang wajib dikunjungin untuk liburan akhir pekan.

Hal senada disampaikan Dandim 0614/Kota Cirebon Robil Syaifullah. Dirinya menyebutkan, peran serta orang tua memang sangat perlu sekali.

"Dengan adanya teknologi informasi yang sangat luar biasa, itu sangat butuh peran serta orang tua, karena kita tidak bisa membendung teknologi, tapi kita pilah-pilah, di situ peran orang tua penting,"pungkasnya.

BACA JUGA:8 Twibbon Keren Untuk Memperingati Hari Pahlawan 2022 Yang Wajib Kamu Bagikan di Media Sosialmu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: