Kesehatan Mental Adalah Kunci Hidup Bahagia

Kesehatan Mental Adalah Kunci Hidup Bahagia

Kesehatan Mental Adalah Kunci Hidup Bahagia-download-SelectHealth

radarcirebon.com - Kebahagiaan tidak diciptakan dari orang lain melainkan diciptakan dari dalam diri sendiri, tetapi kebahagiaan bisa datang dengan berbagai cara. Menjaga kesehatan mental adalah salah satu cara mendatangkan kebahagiaan.

Seperti halnya kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu diperhatikan. Jika kesehatan mental terganggu, kondisi fisik dan kualitas hidupmu juga bisa menurun.

Seseorang dapat dikatakan sehat secara mental ketika ia merasa sejahtera, baik secara psikologis, emosional, maupun sosial.

BACA JUGA:Bahaya Ketumbar untuk Ginjal, Tidak Melulu Baik untuk Kesehatan

Menurut teori psikologi, definisi kebahagiaan menurut Martin Seligman, menurutnya kebahagiaan merupakan konsep subjektif hasil penilaian terhadap diri dan hidup yang memuat emosi positif yang dipengaruhi oleh faktor uang, status pernikahan, kehidupan sosial, usia, kesehatan, emosi negatif, pendidikan, iklim, ras.

Arti kata "bahagia" berbeda dengan kata "senang". Secara filsafat kata " bahagia" dapat di artikan dengan kenyamanan dan kenikmatan spiritual dengan sempurna dan rasa kepuasan, serta tidak adanya cacat dalam pikiran sehingga merasa tenang serta damai.

Kebahgiaan bersifat abstrak dan tidak dapat disentuh atau diraba. Kebahagiaan erat berhubungan dengan kejiwaaan dari yang bersangkutan.

Menurut carr dalam bukunya yang berjudul positive psychology dikatakan bahwa orang yang berbahagian merupakan orang dapat membuka diri yang tinggi serta memiliki contoh diri yang baik.

BACA JUGA:Depresi, Salah Satu Gangguan Kesehatan Mental

Karakteristik Orang Bahagia

Menurut Myers, seorang ahli kejiwaan yang berhasil mengadakan penelitian tentang solusi mencari kebahagiaan bagi manusia moderen.

  • Menghargai diri sendiri
  • Orang yang bahagia cenderung menyukai dirinya sendiri.
  • Optimis
  • Ada dua dimensi untuk menilai apakah seseorang termasuk optimis atau pesimis, yaitu dimensi permanen (menentukan berapa lama seseorang menyerah) dan dimensi pervasif (menetukan apakah ketidak berdayaan melebar ke banyak situasi.
  • Terbuka
  • Orang yang habahagia pada umumnya lebih terbuka terhadap orang lain serta lebih senang membantu orang lain yang membutuhkan bantuannya.

Alasan Lain kenapa Menjaga Kesehatan Mental Itu Penting

cakupan kesehatan mental tidak hanya diperlukan untuk orang dewasa yang sedang produktif, tetapi mencakup seluruh usia mulai dari balita hingga lansia. Fungsi utama kesehatan mental adalah menjaga kualitas hidup tetap baik, beraktivitas secara produktif dan menggunakan potensi yang dimilikinya dengan maksimal.

BACA JUGA:Indonesia Darurat Kesehatan Mental? 10 Fakta Kesehatan Mental Menurut WHO

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: