Polisi Turki Tangkap Pelaku Pengeboman di Istambul, Ternyata..

Polisi Turki Tangkap Pelaku Pengeboman di Istambul, Ternyata..

Ilustrasi bom. Foto:-G Lopez-Pixabay

Radarcirebon.com, ISTAMBUL – Polisi Turki telah menangkap pelaku pengeboman di Istambul.

Setelah ditangkap oleh Polisi Turki, ternyata pelaku pengeboman adalah seorang perempuan.

Pihak kepolisian telah menangkap pelaku pengeboman yang menewaskan 6 orang pada Minggu, 13 November 2022 sore waktu setempat tersebut.

BACA JUGA:Inilah yang Akan Dilakukan Presiden Jokowi Usai Pensiun

Penangkapan pelaku pengeboman disampaikan Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu dalam pernyataan kepada kantor berita Anadolu pada Senin, 14 November 2022 waktu setempat.

Tidak disebutkan identitas orang yang ditangkap dan lokasi penangkapan.

Dikutip dari Anadolu yang diberitakan Seperti diberitakan Reuters dan AFP, Menteri Kehakiman Turki Bekir Bozdag, menyebut seorang wanita terlihat duduk di salah satu bangku yang ada di lokasi selama lebih dari 40 menit.

BACA JUGA:Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae Yong Bakal Evaluasi Anak Asuhnya Pasca TC di Turki

Kemudian, meninggalkan area tersebut sebelum ledakan terjadi.

Diduga, ledakan berasal dari sebuah bom yang dipasangi timer atau diledakkan dari jarak jauh.

Dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Turki, TRT, Soylu menyebut pelaku kemungkinan berasal dari Partai Pekerja Kurdi (PKK/PYD) yang dianggap sebagai organisasi teroris oleh negara tersebut.

"Organisasi teroris PKK/PYD dalam kerangka temuan kami. Dalam waktu dekat, kami akan menunjukkan kepada mereka hadiah di mana mereka yang menyebabkan rasa sakit ini dapat mengalami lebih banyak lagi rasa sakit," katanya.

BACA JUGA:Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan Resmikan Masjid Raya di Solo Sebelum Hadiri KTT G20

Penangkapan tersebut kurang dari 24 jam setelah bom itu meledak dan menewaskan enam orang serta menyebabkan 81 orang luka-luka.

Bom itu sengaja ditaruh di area padat pejalan kaki yang biasanya diisi oleh para turis dan warga lokal di Istiklal Avenue di pusat Kota Istanbul.

Ledakan bom terjadi dikeramaian Kota Istanbul, Istiklal Avenue, hingga menewaskan enam dan puluhan orang alami luka-luka.

BACA JUGA:Tambah Satu Kuota, Sulastri Irwan Akhirnya Diterima Jadi Casis Bintara Polri Polda Maluku Utara

Peristiwa ini membuat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan geram. dan berjanji akan jatuhkan hukuman bagi pelaku bom di Istanbul Turki.

"Serangan berbahaya. Mereka yang bertanggung jawab akan dihukum," kata Erdogan dilansir Reuters, Senin 14 November 2022.

Ledakan bom tersebut mengancurkan tempat pejalan kaki utama di Jantung kota Istanbul Turki. Peristiwa  yang menewaskan enam orang dan puluhan luka-luka, membuat masyarakat setempat melarikan diri.

BACA JUGA:Serangan Bom di Turki Terekam CCTV, 6 Orang Tewas dan 81 Luka-luka

Sementara, Wakil Presiden Turki Fuat Oktay, mengatakan seorang penyerang wanita telah meledakkan bom di jalan perbelanjaan yang ramai. 

"Siapa pun yang berada di balik peristiwa ini, mereka akan ditemukan, bahkan jika mereka pergi ke ujung dunia yang lain," kata Wakil Presiden Turki. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase