Sejarah Hari Jadi Kota Cirebon Dibahas Ulang, Benarkah Usia Sudah 653 Tahun?

Sejarah Hari Jadi Kota Cirebon Dibahas Ulang, Benarkah Usia Sudah 653 Tahun?

Sejarah Hari Jadi Cirebon dibahas ulang, terkait tahun kejadian Mbah Kuwu melakukan Babad Alas.-Khoirul Anwarudin-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBONSejarah Hari Jadi Kota Cirebon yang pada tahun 2022 mencapai usia 653 tahun, dibahas ulang. Apakah angka tersebut sudah benar?

Sejarah Hari Jadi Kota Cirebon selalu menjadi perdebatan, meski semuanya sepakat bahwa peristiwa yang dijadikan titik tolak adalah Mbah Kuwu saat melakukan babad alas.

Peristiwa Babad Alas oleh Mbah Kuwu Cirebon ini, yang dijadikan sebagai titi mangsa hari jadi. Namun, perhitungan tahunnya yang berbeda. Sehingga timbul perbedaan dari sisi usia.

Selama ini, Perda 24/1996 disebutkan bahwa Hari Jadi Cirebon jatuh pada tnggal 1 Muharram tahun 791 H. Kalau begitu, peristiwa Mbah Kuwu babad alas terjadi pada tahun 1369 M.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Cirebon 2022, Ada untuk Lulusan SMK, SMA, Yuk Disimak

BACA JUGA:Melihat Kekalahan Timnas Indonesia U-20 Dari Prancis, Justin Hubner: Kami Kecewa

Nah, penggunaan tahun tersebut justru timbul kerancuan. Karena, berdasarkan Carita Purwaka Caruban Nagari, Mbah Kuwu justru melakukan babad alas pada tahun 1445 Masehi, bukan 1369 M.

Mengacu pada Naskah Purwaka Caruban Nagari, berarti kejadian Mbah Kuwu melakukan Babad alas seharusnya pada 1445 Masehi. Artinya, Kota Cirebon berumur 577 tahun. Bukan 653 seperti yang baru saja diperingati di tahun 2022.

Atas kerancuan dan perbedaan tahun itu, sebenarnya akademisi dan pegiat sejarah sepakat bahwa peristiwa yang dijadikan dasar Hari Jadi Cirebon adalah ketika Mbah Kuwu melakukan babad alas.

Yang berbeda adalah persepsi terkait kapan sebenarnya peristiwa itu terjadi. Namun akhirnya, akademisi dan para pegiat sejarah Cirebon menyepakati berdirinya Cirebon terjadi pada tahun 1445 Masehi.

BACA JUGA:Ya Ampun! Baru Juga Salam-salaman di G20, Amerika Serikat ‘Serang’ China Melalui Pemberian Sanksi Ekonomi

Bila kesepakatan ini yang dipakai, berarti tahun depan Kota Cirebon baru berusia 578 tahun. Bukan 654 tahun atau melanjutkan perhitungan sesuai dengan yang terjadi sampai tahun ini.

Mengingat rentang waktunya memang  jauh berbeda dibandingkan dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Cirebon nomor 24 tahun 1996 yang menetapkan bahwa Hari Jadi Cirebon jatuh pada 1 Muharram atau 1 Sura 791 Hijriyah.

Bila mengacu perda itu, dan dikonversikan ke tahun Masehi, artinya Kota Cirebon lahir pada tahun 1369.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: