Selain Sesar Cimandiri Ada Sesar Baribis Cirebon 1 di Majalengka, Magnitudo Tertarget 6,5

Selain Sesar Cimandiri Ada Sesar Baribis Cirebon 1 di Majalengka, Magnitudo Tertarget 6,5

Sesar aktif di Pulau Jawa beberapa diantaranya melintasi wilayah Cirebon, Kuningan, Majalengka hingga Indramayu.-Daryono/BMKG-radarcirebon.com

Wilayah ini merupakan sesar utama di Utara Jawa Barat. Di Desa Baribis ditemukan bidang dengan struktur sesar minor memotong tubuh batu gamping.

Saat terjadi gempa bumi di Kabupaten Karawang tahun 1862, bersumber dari Sesar Baribis di Kabupaten Majalengka.

Pada Jurnal Universitas Padjadjaran dengan judul: Analisis Kerentanan Gempa pada Jalur Sesar Baribis menggunakan Metode Microearthquake (MEQ), disebutkan bahwa peneliti telah memasang 3 seismometer.

BACA JUGA:Ansu Fati, Pemain Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022, Sangat Percaya Rahmat Allah

BACA JUGA:Buntut 'Miras Minuman Rasulullah', Sule, Budi Dalton, hingga Mang Saswi Dilaporkan ke Polisi

Pemasangan seismometer dilakukan di Desa Jatigede Kabupaten Sumedang, Desa Sinar Galik dan Dusun Anggrawati di Kabupaten Majalengka.

Pemasangan seismometer tersebut untuk mendeteksi gempa bumi mikro yang terjadi di Jalur Sesar Baribis menggunakan metode Microearthquake (MEQ).

Hasil dari perekaman Microearthquake (MEQ) menunjukkan jumlah kejadian gempa yang terekam selama 60 hari adalah 46 gempa dari skala 0,1 Mw hingga 3,2 Mw.

Kedalaman gempa terdangkal adalah 1 km dan yang terdalam adalah 85 km. Sumber gempa dominan adalah pada Zona Sesar Baribis dengan kedalaman gempa kurang dari 50 km.

BACA JUGA:Cara Inspektorat Gugah Generasi Muda Lawan Korupsi, Libatkan 75 Pelajar SMP/MTs Melalui Lomba Membaca Puisi

BACA JUGA:Peduli Korban Gempa Cianjur, Macan Ali Cirebon Kirim Tim Relawan dan Logistik

Arah dan rezim gaya yang tercatat dari perhitungan momen tensor memperlihatkan sesar naik dan sesar geser.

Berdasarkan kedalaman data perekaman MEQ dan pengamatan permukaan, Zona Sesar Baribis diperkirakan adalah sesar aktif.

Sesar Baribis merupakan sesar muda (pola Jawa) yang terbentuk pada periode tektonik PliosenPlistosen dan diyakini masih aktif hingga sekarang (Pulungggono dan Martodjojo, 1994 dalam Haryanto 2004).

Kelompok sesar berarah barattimur umumnya berjenis sesar naik dan merupakan struktur dominan diantara jenis sesar lainnya mengacu kepada model struktur Boyer dan Elliote (1970) maka geometri Sesar Baribis termasuk kedalam jenis Imbricated Trailling Fault (Helmi & Haryanto 2008).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: