Faktor penyebab gempa bumi

Faktor penyebab gempa bumi

--

Gempa bumi ini adalah yang di sebabkan oleh aktivitas manusia, peledakan dinamit,nuklir atau palu yang ditancapkan ke Bumi.

Gempa Bumi Vulkanik

Gempa ini terjadi akibat aktivitas magma yang bisa terjadi sebelum gunung api meletus, apabila keaktivannya semakin tinggi akan mengakibatkan terjadinya gempa bumi, gempa bumi tersebut hanya terasa disekitaran gunung api tersebut.

Berdasarkan kedalaman:

Gempa Bumi Dalam

Gempa bumi yang hiposentrumnya berada lebih dari 300 Km berada dalam bawah permukaan bumi, gempa bumi ini menengah pada umumnya menyebabkan (Didalam kerak Bumi) gempa bumi dalam pada umumnya tidak terlalu berbahaya.

BACA JUGA:BNI-SMK Manbau’ul Ulum Kerja Sama Bank Sampah

Gempa Bumi Menengah

Gempa bumi ini yang hiposentrumnya berada antara 60 Km sampai 300 Km dibawah permukaan Bumi.

Gempa Bumi Dangkal

Gempa Bumi ini yang hiposentrumnya berada Kurang dari 60 Km dari permukaan bumi, Gempa bumi ini biasa nya menimbulkan kerusakan yang sangat besar.

Berdasarkan Gelombang / Getaran Gempa

Gelombang Primer adalah gelombang atau getaran yang melambat ke tubuh bumi  dengan kecepatan antara 7-14 Km/detik. Getaran ini berasal dari hiposentrum.

Gelombang sekunder adalah gelombang atau getaran yang merambat, seperti gelombang primer dengan kecepatan yang sudah berkurang yaitu 4-7 Km/ detik. Gelombang sekunder tidak dapat merambat melalui lapisan cair.(Nur khofifah)

BACA JUGA:12 Arti Mimpi Ular : Mendatangkan Rezeki Hingga Mengalami Kerugian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: