Mencekam, Cianjur Diguncang 285 Gempa dalam Sepekan

Mencekam, Cianjur Diguncang 285 Gempa dalam Sepekan

ilustrasi gempa--

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Cianjur diguncang 285 gempa susulan dalam sepekan terakhir.

285 gempa susulan ini terus terjadi dalam sepekan terakhir pasca Cianjur diguncang gempa bumi magnitudo 5.6 yang mengakibatkan banyak korban jiwa.

Hal ini membuat suasana di Kabupaten Ciajur sepala sepekan belakangan ini cukup mencekam. Sejumlah korban selamat masih trauma dengan gempa yang terjadi.

Melansir FIN.co.id, data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat 285 gempa susulan di Cianjur, selama 7 hari atau sepekan terakhir ini.

Dikatakan Koordinator Peringatan Dini Gempa Bumi BMKG, Sigit, 285 guncangan gempa susulan terjadi di Kabupaten Cianjur tercatat hingga Minggu, 27 November 2022.

BACA JUGA:Lebih Seru! Nonton FIFA World Cup Qatar 2022 dari Vidio, di IndiHome TV

BACA JUGA:10 Tahun Menjanda, Akhirnya Kiki Amalia Menikah dengan Pria Ini

Disebutkan bahwa, ratusan gempa susulan tersebut terjadi pasca gempa utama pada 21 November 2022.

"Untuk saat ini dari kumulatif mainshock atau gempa utama sampai dengan aftershock atau gempa susulannya saat ini sudah tercatat 285 event," terang Sigit, Minggu, 27 November 2022.

"Tetapi secara statistik 34 persen itu di hari pertama jadi memang hari pertama ini berkontribusi cukup besar sedangkan saat ini sudah jauh menurun ," imbuhnya. 

Selain itu, berdasarkan pengamatan BMKG, sejak pukul 00.00 WIB hingga 16.00 WIB pada Minggu, tercatat 15 kali gempa susulan dengan dua kali gempa dirasakan. Hingga saat ini, tren kegempaan menurun.

Ia menuturkan BMKG saat ini tetap melakukan pengukuran di lokasi-lokasi kerusakan untuk bisa menilai korelasinya dengan dampak kerusakan akibat dari kegempaan yang diterima di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Barista Kedai Kopi di Cirebon Ruda Paksa Gadis di Bawah Umur, Sempat Kasih Rp 1 Juta Buat Kompensasi Korban

Sementara terkait cuaca, untuk tiga hari ke depan pada siang menjelang sore, Kabupaten Cianjur masih berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan sampai dengan sedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id