Minum Air Putih Tidak Harus 8 Gelas Perhari, Begini Hasil Penelitiannya..

Minum Air Putih Tidak Harus 8 Gelas Perhari, Begini Hasil Penelitiannya..

Khasiat banyak minum air putih apalagi usai buka puasa atau sesudah sahur agar terhindar dari dehidrasi. Ilustrasi foto: -Andrea Piacquadio/pexels.com-

RADARCIREBON.COM - Aturan minum air putih delapan gelas per hari demi kesehatan sering didengar di berbagai iklan.

Sebuah penelitian berjudul “Variation in Human Water Turnover Associated with Enviromental and Lifestyle Factors” mementahkan aturan tersebut.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Science.org itu, kebutuhan setiap orang akan air putih berbeda-beda.

BACA JUGA:Merasa Dirugikan, Nasabah Laporkan Perusahaan Lising ke Polda Jabar dan OJK

Dale Schoeller, salah satu penulis penelitian itu menyebut bahwa aturan minum air putih delapan gelas per hari tidak pernah didukung secara mutlak oleh sains.

“Sains tidak pernah mendukung minum delapan gelas per hari sebagai sebuah petunjuk yang tepat karena bisa mengaburkan asupan air yang masuk dari minuman dan makanan,” ujarnya.

Menurut Schoeller, penelitiannya merupakan yang paling akurat dan komprehensif mengenai hidrasi dan tubuh sampai saat ini.

BACA JUGA:Pencabutan Label Pemberi Bantuan Tenda, Ridwan Kamil: Kita Bersaudara dalam Kemanusiaan

Pasalnya, ada 90 orang peneliti yang dilibatkan. Mereka meneliti pengaturan volume dan zat yang terlarut dalam cairan tubuh yang ideal untuk orang-orang.

Obyek penelitian dilakukan pada 5.600 orang yang terdiri dari 26 negara dengan usia delapan hari sampai 96 tahun.

“Penelitian ini yang terbaik sejauh ini dengan mengukur berapa banyak air yang orang-orang butuhkan setiap harinya termasuk yang masuk dan keluar dari tubuh serta faktor-faktor yang mempengaruhinya,” ujar pria yang beprofesi sebagai profesor di University of Winconsin itu.

BACA JUGA:Polres Cirebon Kota Buka Layanan Pengaduan Distribusi BLT

Hasil penelitian itu menyimpulkan bahwa kebutuhan akan air putih bervariasi di seluruh dunia. Rata-rata membutuhkan 25 cangkir per harinya.

Penelitian itu juga menyatakan bahwa kebutuhan akan air putih berada pada puncaknya untuk para pria yang berusia 20 tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase