Penyebab Gempa Garut Terasa di Cirebon, BMKG: Lempeng Indo Australia Menunjam di Bawah Jabar

Penyebab Gempa Garut Terasa di Cirebon, BMKG: Lempeng Indo Australia Menunjam di Bawah Jabar

Penyebab gempa di Kabupaten Garut dijelaskan BMKG yakni intra slab lempeng Indo Australia.-BMKG-radarcirebon.com

Karena itu, gempa yang terjadi disebut dengan istilah interslab earthquake atau gempa akibat deformasi dalam slab lempeng.

Gempa tektonik di Kabupaten Garut tersebut turut dirasakan di Kota Cirebon sekitar pukul 17.50 WIB. Terutama oleh warga yang berada di pusat perbelanjaan.

BACA JUGA:Wow! Anggaran Pendidikan Tahun 2023 Dialokasikan Rp612 Triliun

BACA JUGA:Bantu Tangani Gempa Cianjur, Platform Pisodapur Sudah Bisa Diakses

Seperti diketahui, warga yang berada di kawasan Klayan, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon mengaku merasakan guncangan gempa sekitar 5 detik.

Laporan gempa juga disampaikan warga yang tinggal di perbatasan Kabupaten Majalengka dan Indramayu. Juga di sejumlah wilayah sekitarnya.

"Ada sekitar 5 detik. Kebetulan tadi saya di CSB Mall sedang acara. Sempat ngejengat waktu ada lini," kata Novi Wahyuni, kepada radarcirebon.com.

Kendati demikian, gempa tidak berlangsung lama. Ketika berjalan menuju pintu keluar, getaran sudah tidak dirasakan. Namun, pengunjung sempat berkumpul di pintu masuk mall.

BACA JUGA:Oknum Polisi Jualan Pil Dextro di Bima Berhasil Ditangkap Satreskoba Polres Ciko

BACA JUGA:Gempa Magnitudo 6.4 Terjadi di Garut, Pengunjung CSB Mall Berhamburan Keluar

Kondisi serupa juga dialami pengunjung di Yogya Junction, termasuk Transmart. Tapi tidak semua pengunjung menyadari adanya getaran gempa.

"Sebentar, hanya sekitar 5 detik tadi kerasa ada lini. Tapi pengunjung nggak panik, jadi cuma jalan kaki biasa keluar gedung," tutur Deasy, saat diwawancarai.

Diinformasikan BMKG, kekuatan gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Garut sore hari ini, mencapai 6,1 magnitudo.

Adapun pusat gempa berada di kedalaman 109 kilometer, tepatnya di 7,51 Lintang Selatan dan 107,52 Bujur Timur dan berada di darat. Kurang lebih 52 kilometer Barat Daya Kabupaten Garut.

BACA JUGA:Ya Allah, Baru Saja Gempa di Garut, Cianjur Juga Gempa Susulan Magnitudo 3,1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: