FT UGJ Gelar Pelatihan BIM

FT UGJ Gelar Pelatihan BIM

PELATIHAN: Fakultas Teknik Universitas Swadaya Gunung Jati (FT UGJ) menggelar pelatihan Building Information Modelling (BIM), 12-16 Desember 2022. -Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dalam rangka memberikan pembekalan tentang dunia konstruksi, khususnya  gedung, Fakultas Teknik Universitas Swadaya Gunung Jati (FT UGJ) menggelar pelatihan Building Information Modelling (BIM).

Pelatihan ini untuk tenaga kerja konstruksi atau calon tenaga kerja konstruksi bagi lulusan dan calon lulusan S1 Teknik Sipil di UGJ. Pelatihan digelar selama lima hari, mulai tanggal 12-16 Desember 2022.

Acara digelar FT UGJ, bekerja sama dengan Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Konstruksi Balai Jasa Konstruksi Wilayah Jakarta, Trimble Tekla. Wakil Dekan II FT UGJ, H Awliya Tribhuwana ST MT menjelaskan, pelatihan BIM sangat bermanfaat bagi mahasiswa tentang struktur yang akan diaplikasikan software computer tentang apa saja persoalan-persoalan struktur di gedung dalam rangka mendukung konstruksi.

Total peserta, kata Awliya, 80 mahasiswa semester akhir. Ada peserta yang juga sudah lulus S1 FT UGJ.  Pelaksanaan BIM ini bekerja sama dengan BJKW (Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta). “Kita hanya menyiapkan mahasiswa,” ujarnya.

BACA JUGA:Nikita Mirzani Sakit Parah Berpotensi Cacat, Tapi Serang Dito Mahendra di Pengadilan

Kegiatan BIM ini, kata Awliya, diharapkan, saat mahasiswa terjun ke lapangan, sudah menguasai permasalahannya seperti apa. Instruktur dalam BIM, dari dosen FT UGJ yang sudah mengikuti pelatihan dan berkompeten dalam bidang konstruksi.

Tahun ini, pelatihan BIM tentang gedung. Pelatihan BIM ini baru sekali. Peserta mendapatkan sertifikat khusus tentang gedung. “Tahap selanjutnya ada SKK (Sertifikasi Kompetensi Kerja). Jadi, mereka nanti terarah ke spesialisasi gedung,” tandasnya.

Pihaknya berharap, mahasiswa terjun di lapangan, bisa percaya diri terhadap berbagai persoalan. Lalu, tahu langkah apa  yang mesti diambil ketika ada persoalan. "Yang sudah kerja semakin yakin, dan mantap. Yang belum bekerja bisa sebagai pembelajaran," pungkasnya.

BACA JUGA:Satpas SIM Polres Cirebon Kota Diresmikan, Kapolda Jabar: Masyarakat Jangan Dipersulit!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait