Polri Sudah Siapkan Teknis Pengamanan Pelaksanaan Pemilu 2024

Polri Sudah Siapkan Teknis Pengamanan Pelaksanaan Pemilu 2024

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.--

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Polri sudah menyiapkan teknis skema pengamanan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu).

Penyiapan teknis pengamanan dilakukan dalam sebuah rapat besar dengan para Kapolda se-Indonesia yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar Analisis Evaluasi (Anev) dengan para pejabat Polri dari seluruh Indonesia untuk membahas salah satunya pengamanan Pemilu. 

BACA JUGA:DPRD Kota Cirebon Sepakati Tiga Raperda jadi Perda

"Di samping kita juga sudah masuk ke tahapan Pemilu yang tentunya sudah mulai mempengaruhi tensi sehingga mau tidak mau hal-hal terkait persiapan pengamanan,” ujar Kapolri di Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Rabu 14 Desember 2022.

“Baik dari sisi langkah-langkah preventif, preemtif, langkah-langkah yang kita lakukan untuk mencegah polarisasi, menjaga persatuan dan kesatuan dengan melibatkan seluruh elemen bangsa tentunya menjadi bagian yang harus kita persiapkan,” jelasnya.

BACA JUGA:Bawaslu Kota Cirebon: Butuh Peran Media untuk Awasi Pemilu

Jenderal Sigit juga mengultimatum untuk para Kapolda bisa dengan segera menyelesaikan kasus kasus yang menjadi sorotan masyarakat agar nantinya bisa kembali meraih dan meningkatkan kepercayaan.

"Di samping tentunya upaya-upaya kita untuk melakukan penegakan hukum terhadap kasus-kasus yang menjadi atensi dan perhatian masyarakat,” tegasnya.

BACA JUGA:Di Cirebon, Baher Gandeng BRIN Gelar Bimtek Manajemen Organisasi

“Tentunya bagaimana langkah-langkah yang harus kita lakukan. Terus meningkatkan kepercayaan publik dan tentunya ini menjadi komitmen bersama, kita semua baik dari mulai satuan terbawah, sampai dengan satuan yang ada di Mabes Polri," jelasnya. 

Sementara itu, pelayanan publik dan pengaman para tamu negara seperti di acara KTT 20 Bali, Kapolri mengatakan cukup menjadi pelajaran dan pengaman bagi Polri, dan menungkatkan kualitas kinerja jika diperlukan pada saat agenda agenda besar 

BACA JUGA:KPU Tetapkan 17 Partai Politik Peserta Pemilu 2024, Ada 6 Parpol Lokal Aceh

"Tentunya banyak hal yang kita diskusikan, mulai dari bagaimana kita bisa meningkatkan performa organisasi khususnya dalam hal peningkatan kualitas pelayanan publik dan kemudian juga hal-hal yang harus kita persiapkan dalam menghadapi agenda-agenda. Termasuk yang sudah kita laksanakan, yaitu pengamanan KTT G20,” tukasnya. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase