Human Light Day, Tanggal 23 Desember Diperingati Sebagai Hari Apa?

Human Light Day, Tanggal 23 Desember Diperingati Sebagai Hari Apa?

Hari Peringatan Tanggal 23 Desember-capture-kabardamai

RADARCIREBON.COM - Berikut adalah Hari Peringatan yang diperingati setiap tanggal 23 Desember. Yuk, disimak biar kamu gak ketinggalan!

Pada tahun 2022 ini, tanggal 23 Desember jatuh pada hari Jumat. Nah, bertepatan dengan tanggal 23 Desember, para umat Hindu di Bali akan merayakan Upacara Tilem.

Selain dilaksanakannya Tilem di Bali, tanggal 23 Desember juga memiliki hari peringatan lainnya, yakni Human Light Day. Berikut penjelasan dan sejarah singkat mengenai Hari Peringatan tersebut.

BACA JUGA:Penyebab Gempa Kuningan Hari Ini, BMKG: Diduga Sesar Baribis Segmen Ciremai

Tilem

Tilem sendiri merupakan Hari Suci untuk umat Hindu yang dirayakan untuk memohon berkah dan juga karunia dari Hyang Widhi.

Tilem sendiri dipercaya umat Hindu, untuk membersihkian diri dari kotoran atau hal yang kotor dari Manusia. Di mana pada hari Suci ini, para umat Hindu akan memuja Sang Hyang Surya.

Sang Hyang Surya sendiri dipercaya oleh Umat Hindu sebagai sosok yang akan meleburkan kotoran dari para Manusia.

Hal itu pun terjadi karena pada waktu itu, diyakini Sang Hyang Surya sedang bersemedi.

BACA JUGA:CUACA EKSTREM: Warga Cirebon dan Indramayu Waspada Tanggal 22-23 Desember, Peringatan dari BMKG

Human Light Day

Human Light Day merupakan sebuah perayaan Humanis Sekuler, yang bertujuan untuk mempromosikan atau mewujudkan Dunia yang damai dan berisi hal Positif, setiap tanggal 23 Desember.

Human Light Day sendiri dibuat oleh New Jersey Humanist Network pada tahun 2001 lalu, sebagai perayaan untuk para Humanis Sekuler yang sedang merayakan liburan di Bulan Desember.

Liburan yang dimaksud seperti Natal dan juga libur tahun baru. Hal itu juga merupakan salah satu alasan utama kenapa tanggal 23 Desember di nobatkan sebagai Human Light Day.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: