Tinjau Sterilisasi Gereja Jelang Natal, Begini Kata Waka Polda Jabar

Tinjau Sterilisasi Gereja Jelang Natal, Begini Kata Waka Polda Jabar

Waka Polda Jabar Brigjen Pol Bariza Sulfi didampingi Kapolres Cirebon Kota AKBP DR M Fahri Siregar meninjau pelaksanaan sterilisasi di Gereja Santo Yusuf Jl Yos Sudarso Kota Cirebon, Sabtu (24/12/2022).-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Menjelang pelaksanaan ibadah Natal, Brimob Polda Jawa Barat bersama Polres Cirebon Kota melakukan sterilisasi gereja-gereja yang tersebar di Kota Cirebon, Sabtu (24/12/2022).

Sterilisasi gereja ini dilakukan sebagai antisipasi adanya gangguan keamanan yang ingin mengacaukan perayaan Natal.

Pada kegiatan sterilisasi gereja-gereja tersebut ditinjau langsung Waka Polda Jabar Brigjen Pol Bariza Sulfi didampingi Kapolres Cirebon Kota AKBP DR M Fahri Siregar dan Direktur Polairud Polda Jabar Kombes Pol Arnapi.

"Hari ini (24/12/2022) jajaran Polda Jabar melaksanakan pengamanan persiapan dalam rangka perayaan Hari Natal tanggal 25 Desember besok. Karena peribadatan banyak yang akan dimulai hari ini oleh karena itu seluruh gereja di jajaran Polda Jawa Barat termasuk Kota Cirebon hari ini dilakukan sterilisasi. Hasil tinjau kami, sejauh ini masih aman dan terkendali,"ungkap Waka Polda Jabar Brigjen Pol Bariza Sulfi didampingi Kapolres Cirebon Kota AKBP DR M Fahri Siregar di Gereja Santo Yusuf Jl Yos Sudarso, Kota Cirebon.

BACA JUGA:UPDATE: Kecelakaan di Gronggong Cirebon Hari Ini, Info Terbaru Soal Status Tersangka

Waka Polda mengimbau kepada jemaat yang ingin beribadah di gereja agar hanya membawa perlengkapan peribadatan saja.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat juga bisa ikut membantu keamanan dan pengamanan dengan cara membawa barang-barang yang memang hanya untuk beribadah saja ini untuk mengantisipasi hal-hal lain yang tidak diinginkan,"ujarnya.

Brigjen Pol Bariza menyebutkan, dalam pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2022 sebanyak 20 ribu personel.

"Untuk seluruh jajaran Polda Jabar sekitar 20 ribu personel. Anggota Polisi sebanyak 16 ribu dibantu TNI-Polri dan instansi lainnya,"sebutnya.

BACA JUGA:Daftar Korban Kecelakaan di Gronggong Hari Ini, 1 Orang Meninggal Dunia, 9 Luka-luka

Waka Polda mengatakan, adanya peningkatan volume kendaraan yang masuk ke wilayah Jawa Barat.

"Tadi malam kami sudah menyusuri jalan dari Karawang sampai Cirebon, memang ada peningkatan kendaraan, namun tetap masih bisa terkendali. Kami mohon masyarakat yang akan menggunakan sarana jalan agar berhati-hati agar selamat menuju tujuan,"pungkasnya.

Perlu diketahui, gereja-gereja di Kota Cirebon yang dilakukan sterilisasi yakni Gereja Kristen Immanuel (GKIm) Saron alamat Jl  Kalibaru Utara Kota Cirebon, Gereja Mawar Sharon Jl Dr Cipto Mangunkusumo, Gedung Cirebon Convention Hall Jl Bahagia Kota Cirebon, Gereja Filladelfia Jl Kenduruan Kota Cirebon, Gereja  Trifina Jl Talang Kota Cirebon, GKI Pengampon Jl Pengampon Kota Cirebon, Gereja Santo Yusuf Jl Yos Sudarso Kota Cirebon, GBI Kalvari  JI Yos Sudarso Kota Cirebon, Gereja Bunda Maria Jl Dukuh Semar Kota Cirebon dan  Gereja HKBP JI HKBP JI DR Wahidin Kota Cirebon.

Usai meninjau pelaksanaan sterilisasi gereja dan Pos PAM Operasi Lilin Lodaya 2022 di Kota Cirebon, Waka Polda Jabar Brigjen Pol Bariza Sulfi berangkat menuju Kabupaten Kuningan.

BACA JUGA:Daftar Korban Kecelakaan di Gronggong Cirebon, 7 Penumpang di Puskesmas Beber, 2 Luka Berat di RSD Gunung Jati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: