4 Nama Daerah di Wilayah Cirebon yang Sama dengan di Jakarta, Ada yang Sama Persis

4 Nama Daerah di Wilayah Cirebon yang Sama dengan di Jakarta, Ada yang Sama Persis

Makam Pangeran Kuningan di kawasan Jakarta Selatan, sejumlah daerah di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya memiliki nama yang sama dengan di wilayah Cirebon.q-Ist-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Di wilayah Cirebon ada beberapa daerah dengan nama yang sama dengan di DKI Jakarta atau wilayah Jabodetabek lainnya.

Ada nama daerah yang sama antara di Cirebon dengan di wilayah Jakarta dan Jabodetabek, karena aspek historis atau berkaitan dengan tokoh sejarah.

Untuk warga yang pernah tinggal di wilayah Cirebon dan Jakarta, tentu tidak asing dengan kesamaan nama di kedua daerah tersebut.

Ada yang namanya sama persis, tetapi juga ada yang berbeda dari segi penulisan tetapi dari segi pelafalan atau penyebutannya nyaris sama.

BACA JUGA:Akibat 30 Ton Garam, Cuaca Malam Tahun Baru 2023 di Jabodetabek Cerah, Kok Bisa?

BACA JUGA:Tinggi Gelombang di Laut Indramayu Hari Ini, Bisa Mencapai 2,5 Meter

Berikut Daftar Daerah dengan Kesamaan Nama di Jakartan dan Cirebon:

1. Cideng

Nama daerah ini ada di Kabupaten Cirebon, berbatasan dengan wilayah Kota Cirebon. Tepatnya masuk di daerah Kertawinangun, Kecamatan Kedawung.

Menurut Jurnal IAIN Syekh Nurjati, nama Cideng dulunya adalah pedukuhan di wilayah Kertawinangun. Ada juga nama pedukukan di daerah itu yakni Pecilon.

Cideng berasal dari kata Cihigeung yang artinya hitam atau ireng dalam Bahasa Cirebon, karena dulunya berupa rawa dan hutan.

BACA JUGA:PPKM Sudah Dicabut, Pemerintah Daerah Diminta Lakukan Ini

BACA JUGA:PPKM Dicabut, Bolehkah Lepas Masker di Tempat Keramaian? Berikut Penjelasan Jokowi

Di zaman wali, Sunan Kalijaga memerintahkan muridnya membuka lahan ini dengan membabat hutan dan mengeringkan rawa-rawa tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: