Salju Turun di Arab Saudi Tepat di Kakbah, Cek Fakta Dulu di Sini

Salju Turun di Arab Saudi Tepat di Kakbah, Cek Fakta Dulu di Sini

Salju turun di Arab Saudi hingga menutupi Kakbah di Kota Makkah. -Ist-radarcirebon.com

MAKKAH, RADARCIREBON.COM - Salju saat ini turun di Arab Saudi, bahkan Kakbah di Kota Makkah, juga tertutup dan area sekitarnya berwarna putih.

Pada sebuah video yang viral di media sosial, terlihat jamaah yang berada di dekat Kakbah harus berjibaku dengan salju yang turun deras.

Namun, ternyata video tersebut telah diklarifikasi oleh otoritas terkait yang menyatakan unggahan tersebut sesungguhnya menggunakan filter.

National Meteorological Center atau BMKG Arab Saudi menyatakan bahwa video hujan salju di Kakbah, Makkah, adalah konten palsu alias hoax.

BACA JUGA:Situgunung Sukabumi Langsung Makan Korban di Tahun Baru, 3 Pemuda Tenggelam, 2 Meninggal

BACA JUGA:Filipina vs Indonesia Piala AFF 2022: Tanpa Jordi Amat dan Strategi Misterius Shin Tae Yong

Salju memang turun di Arab Saudi. Tetapi di wilayah Pegunungan Al Lawz dan Tabuk. Kejadiannya pada Selasa, 27, Desember 2022 dan terus berlangsung hingga pergantian tahun.

"Suhu di Masjidil Haram bisa mencapai 50 derajat Celcius (122 derajat Fahrenheit) selama musim panas. Selain itu, video tersebut tampaknya telah diedit, dengan hujan salju muncul dan menghilang di berbagai titik," tulis keterangan tersebut.

Terkait dengan kondisi yang bersalju di wilayah Al Lawz, Pusat Meteorologi Nasional (NMC) Arab Saudi telah menyampaikan bahwa terhitung mulai Kamis 29, Desember 2022 akan turun salju dan hujan lebat.

Kondisi bersalju dan hujan tebat itu, masih akan berlangsung sampai dengan Selasa, 3, Januari 2023. Bahkan, hujan dan salju turun di sebagian besar wilayah Arab Saudi.

BACA JUGA:Ingat Dosa, Amalkan Doa Ini Bagi yang Sulit Tinggalkan Maksiat, Agar 2023 Lebih Baik

Dilansir dari Saudi Gazette, Pusat Meteorologi Nasional (NCM) menaikkan peringatan hujan untuk memperingatkan Jeddah, Rabigh dan Al-Kamil.

Peringatan akan tetap aktif hingga pukul 15.00. pada hari Senin, 2, Januari 2023. Lembaga itu menegaskan bahwa prakiraan tersebut mengindikasikan berlanjutnya situasi hujan dengan hujan sedang hingga lebat.

Juga turut disertai aktivitas angin permukaan, gelombang tinggi, hujan es, hujan lebat, dan jarak pandang rendah.

CEO NCM, Dr Ayman Ghulam mengatakan bahwa ramalan cuaca sudah memperkirakan hujan lebat akan turun sejak Minggu malam di Jeddah, Thuwal, Rabigh, Al-Kamil, Ibukota Suci, Taif, Al-Hada, Al-Shifa, Al-Shuaiba dan Al-Laits.

BACA JUGA:5 Doa Harian, Sebelum Aktivitas, Memohon Rizki hingga Kesehatan

“Hujan deras ini meluas ke wilayah Madinah dan provinsinya, termasuk pantai, dan kemudian meluas ke timur ke wilayah Riyadh, Hail, Qassim, wilayah timur, timur laut dan utara, termasuk wilayah Al-Jouf dan Wilayah Perbatasan Utara," katanya.

"Salju lebat akan turun di wilayah utara Arab Saudi, dan kabut tebal akan terbentuk pada Senin dini hari," tambahnya.

Dengan penjelasan tersebut, video bahwa turun salju di Kota Makkah dan menutupi Kakbah dikategorikan hoax, karena faktanya salju memang turun tetapi di wilayah lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: