Nanas Muda Bisa Menggugurkan Kandungan, Fakta atau Mitos? Simak Penjelasannya

Nanas Muda Bisa Menggugurkan Kandungan, Fakta atau Mitos? Simak Penjelasannya

Nanas Muda bisa menggugurkan kandungan. Foto:-pexels.com -

Di sisi lain bromelain juga memiliki banyak sekali efek positif untuk tubuh, termasuk menjaga fungsi pencernaan, hingga mengurangi pembengkakan, memar dan peradangan.

Jika dikonsumsi dalam dosis yang besar, maka Bromelain akan menyebabkan kontraksi rahim.

Kandungan Bromelain dalam nanas itu lah yang menyebabkan para ibu hamil enggan mengonsumsi nanas. Mereka takut nanas akan mengganggu kehamilan hingga menggugurkan kandungan.

Padahal itu tidak sepenuhnya benar. Sebab, untuk mencapai kontraksi rahim, maka rata-rata wanita hamil perlu mengonsumsi setidaknya tujuh nanas muda yang berukuran besar sekaligus.

Nah, sementara itu, mengonsumsi nanas dalam jumlan banyak bisa menimbulkan diare. Maka, sepertinya kecil sekali kemungkinan ibu hamil yang bisa mengonsumsi tujuh buah nanas sekaligus.

Dengan demikian kecil sekali risiko ibu hamil yang mengonsumsi nanas akan terganggu kehamilannya.

Manfaat nanas muda

Meskipun bromelain ditemukan di inti nanas, sangat sedikit yang sebenarnya ada di daging nanas muda yang kita makan.

Jumlah bromelain dalam satu porsi nanas tak akan memengaruhi kehamilan Anda.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Mempunyai kandungan Vitamin dan Mineral yang lengkap.
  3. Menurunkan risiko depresi.
  4. Mencegah sembelit.
  5. Menyegarkan tubuh.

Kesimpulan: Fakta atau mitos nanas muda bisa menggugurkan kandungan?

Berdasarkan pemaparan di atas, nanas muda bisa menggugurkan kandungan adalah mitos. Keguguran hanya bisa terjadi apabila ibu hamil mengonsumsi nanas secara berlebihan dalam satu waktu.

Mengonsumsi nanas muda yang berlebihan juga bisa menyebabkan asam lambung dan gangguan pencernaan. Akibatnya, Ibu mengalami nyeri ulu hati.

Jika mempunyai riwayat alergi pada nanas, akan timbul rasa gatal sekitar area mulut dan lidah. Nanas muda mengandung getah pada bagian batang dan serbuk sari atau lateks.

Tak hanya itu, jika kondisi tekanan darah dibawah 90/60 mmHg, lemas, pusing akibat kekurangan zat besi, hingga membuat otot kram dan tidak nyaman.

Ibu perlu mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat. Enzim bromelain dalam nanas muda dapat membuat pembuluh darah vena kekurangan zat tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: