5 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan, Bisa Jadi Obat Kuat Alami untuk Pria

5 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan, Bisa Jadi Obat Kuat Alami untuk Pria

RADARCIREBON.COM – Aloe Vera atau lidah buaya merupaka tumbuhan yang diketahui memiliki berbagai macam khasiat yang dimilikinya.

Tumbuhan ini tumuh sekulen asli Afrika Utara, Eropa Selatan, dan kepulauan Canary. Umumnya tanaman ini tumbuh di area beriklim tropis kering, seperti Indonesia.

Banyak manfaat lidah buaya bagi kesehatan yang bisa kita ambil, seperti untuk kulit, rambut, dan menjadi obat luka bakar.

Banyak produk perawatan tubuh yang menggunakan ekstrak aloe vera sebagai bahan utamanya. Hal ini karena tanaman ini sudah terbukti memiliki segudang manfaat.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Sheet Mask dan Manfaat Masker Bioaqua

Kandungan dalam lidah buaya

Wajar saja bila lidah buaya ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh sebab tanaman ini ternyata kaya akan vitamin dan berbagai mineral baik yang penting bagi tubuh.

Berikut ini adalah beberapa kandungan dan mineral baik yang terkandung dalam tanaman lidah buaya  yang menjadikannya tanaman yang memiliki segudang manfaat.

  • Vitamin B: Daging lidah buaya mengandung vitamin B yang bermanfaat menghilangkan nyeri pada bagian saraf dan otot.
  • Vitamin B12: Aloe vera memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Padahal umumnya, vitamin jenis ini hanya ditemui pada bahan makanan hewani.

BACA JUGA:Malu Punya Gigi Kuning? 5 Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel Secara Alami

  • Vitamin E: Kandungan ini menjadikan aloe vera baik untuk meningkatkan imunitas kulit dan reproduksi.
  • Asam folat: Aloe vera cocok dikonsumsi ibu hamil, karena mengandung asam folat yang mengandung banyak nutrisi untuk ibu dan janin.
  • Mineral: Aloe vera mengandung mineral yang cukup lengkap, seperti kalsium, sodium, magnesium, kromium, selenium, zinc, dan potassium mangan.
  • Antioksidan: Antioksidan dalam aloe vera terbilang tinggi. Hal ini membuat lidah buaya bisa melindungi kulit dari sinar UV.
  • Antiinflamasi: Enzim dalam aloe vera yang disebut Bradykinase berfungsi sebagai zat antiinflamasi. Fungsi antiinflamasi dalam aloe vera semakin diperkuat dengan kandungan asam lemak, asam salisilat, dan hormon auksin dan giberelin yang dimilikinya.

BACA JUGA:Nanas Muda Bisa Menggugurkan Kandungan, Fakta atau Mitos? Simak Penjelasannya

Manfaat lidah buaya

1. Mengobati luka bakar

Lidah buaya banyak digunakan sebagai obat luka bakar secara topical dengan cara dioleskannya ke kulit.

Bahkan, cara ini sudah disetujui p;eh Food and Drug Administration, Amerika Serikat untuk diperjualbelikan salep lidah buaya secara bebas untuk meredakan luka bakar pada 1959.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: