Cirebon ke Jatinangor Pakai Tol Cisumdawu Memakan Waktu 2 Jam, Keluarnya di Pintu Tol Ini

Cirebon ke Jatinangor Pakai Tol Cisumdawu Memakan Waktu 2 Jam, Keluarnya di Pintu Tol Ini

Tol Cisumdawu sudah sampai mana, progres terbaru seksi 6 bahkan ada yang sudah 100 persen.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kabar gembira bagi kita semua karena jalan Tol Cisumdawu direncanakan beroperasi penuh pada akhir bulan Februari 2023 atau bahkan bisa lebih cepat.

Hal ini disampaikana oleh Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PPR), Basuki Hadimuljono dalam rapat kerja dengan komisi V DPR RI.

Pak Basuki menakui, pengelola meminta agar Tol Cisumdawu ini dapat beroperasi penuh mulai Maret 2023. Tapi, pihaknya meminta dapat dirampungkan pada Februari nanti.

"Mereka mintanya Maret, tapi saya akan upayakan akhir Februari bisa dioperasikan secara tuntas," ucap Basuki di agenda rapat kerja tersebut.

BACA JUGA:Tol Cisumdawu Sudah Sampai Mana, Kok Menteri Basuki Bilang Selesai Bulan Depan? Cek di Sini

Keberadaan Tol Cisumdawu ini diharapkan dapat meningkatkan koneksivitas atau akses ke Bandara Internasional Kertajati serta Pelabuhan Patimban.

Jalan tol yang memiliki panjang 183 KM ini telah rampungkonsttruksinya pada tahun 2022 dan tersebar di 17 ruas jalan.

Telah menyelesaikan prses konstruksi 1, 2, dan 3, pengerjaan konstruksi seksi 3 - 6 TYol Cisumdawu dilakukan oleh BUJT dengan panjang 33,21 kilometer.

Sekse 3 sendiri mencakup wilayah Sumedang hingga Cimalaka dengan panjang 4,05 Km, selesai secara penuh dan sudah dapat dioperasikan.

Adapun seksi 4 yang mencakup wilayah Cimalak hingga Legok dengan panjang 8,20 Km yang terdiri dari Seksi 4A yang pengrjaan konstruksinya sudah mencapai sekitar 90 persen.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH, Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Bulan Depan, Cirebon ke Bandung Makin Cepat

Sedagkan seksi 4B pekerjaan konstruksi baru mencapai setengahnya namun akan terus dipercepat supaya bisa memenuhi target.

Untuk Junction Dawuan yang terkoneksi dengan Jalan Tol Cipali yang kini telah selesai diabngun.

Kehdairan Jalan Tol Cisumdawu ini nantinya juga memberikan peran penting sebagai konektivitas pendukung pertumbuhan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: