Yuk! Berwisata dan Belajar Sejarah Situs Purbakala Cipari Kuningan

Yuk! Berwisata dan Belajar Sejarah Situs Purbakala Cipari Kuningan

Situs Purbakala Cipari Kuningan--

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Situs Purbakala Cipari Kuningan merupakan peninggalan megalitik yang dulunya adalah sebuah desa pemukiman purbakala dengan karakteristik peninggalan bangunan megalitik, seperti menhir dan kubur baru.

Situs Purbakala Cipari ditemukan tahun 1972 dengan sebuah peti kubur batu yang merupakan ciri khas dari kebudayaan pada masa prasejarah.

Dibawa pimpinan Teguh Asmar tahun 1975 melakukan penelitian berhasil menemukan perkakas dapur, gerabah, perunggu, dan bekas-bekas pondasi bangunan rumah
pada masa akhir Neolitik dan awal pengenalan bahan perunggu yang berkisar pada tahun 1000 Masehi sampai dengan 500 Masehi.

Situs Purbakala Cipari berlokasi di lingkungan pemukiman warga Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

BACA JUGA:Peduli Diabetes, Lions Club Cirebon Cakrabuana Gelar Talkshow

Tidak ada fasilitas yang mewah pada situs sejarah ini. Anda akan menemukan kantor informasi yang ada di dekat pintu masuk situs purbakala Cipari. Ada juga area parkir untuk pengunjung yang datang dengan membawa kendaraan pribadi.

Bagi anda yang gemar membidik dengan lensa kamera, maka jangan lupa untuk membawa perlengkapan fotografi anda. Banyak spot yang menarik untuk anda potret, ada juga museum yang menampilkan benda-benda jaman purbakala. Anda dapat memotret secara bebas benda purbakala tersebut.

Anda juga dapat berfoto selfie dengan latar belakang situs cipari. Di kanan kiri situs, anda juga akan disuguhkan pemandangan yang asri, jadi sangat cocok untuk anda berfoto bersama dengan teman-teman ataupun keluarga anda. Jangan sampai melewatkan momen yang ada di sini.

Bagi anda yang akan mengunjungi situs yang unik dan tentunya menyimpan banyak cerita sejarah ini, anda hanya cukup membayar Rp. 2000,- per orang agar dapat masuk ke kawasan sejarah tersebut. Harga yang cukup murah untuk dapat melihat peninggalan beberapa ratus tahun yang lalu. Situs ini dibuka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Jadi tempat ini sangat cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga atau teman-teman.

BACA JUGA:Waspada Ulkus Kaki Diabetic Pada Penderita Diabetes

Tips Ketika Anda Mengunjungi Situs Purbakala Cipari

- Bawalah perlengkapan fotografi anda agar tidak kehilangan momen yang berharga.
- Membawa bekal minuman dan makanan, namun jangan membuang sampah sembarangan karena ini adalah situs yang wajib kita jaga.
- Jangan mengambil apapun selain mengambil foto.
-  Patuhi aturan yang ada dan berlakulah sopan.


BACA JUGA:Didepan Ulama, Ridwan Kamil Imbau Sambut Tahun Politik dengan Bijak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: