Mau Budidaya Lebah Klanceng Sendiri Tanpa Melalui PT MBM? Simak Caranya

Mau Budidaya Lebah Klanceng Sendiri Tanpa Melalui PT MBM? Simak Caranya

Salah satu peternak lebah klanceng di Cirebon. Foto: -Dokumen-Radarcirebon.com

BACA JUGA:Ada yang Mengancam Venna Melinda, Jawaban Hotman Paris Tegas

BACA JUGA:GRATIS! Link Nonton Indonesian Idol Hari Ini 24 Januari 2023

Lantas, bagaimana cara memiliki usaha budidaya lebah klanceng sendiri? Langkah awal tentu saja Anda harus memiliki koloni lebah klanceng sendiri. 

Jika Anda tinggal di pedesaan yang dekat dengan habitat lebah klanceng, tentu akan lebih mudah. Sebab, bisa mendapatkan koloni lebah klanceng langsung dari alam.

Nah, disinilah perjuangannya. Anda harus mencari koloni lebah klanceng yang ada di alam. Biasanya, bersarang di atas pohon, antara lain pohon bambu.

Setelah menemukan koloni lebah klanceng yang ada di alam, Anda masih harus memindahkannya ke stup atau wadah untuk sarang yang baru di lokasi yang sudah Anda tentukan sendiri.

Cara memindahkannya bisa menggunakan alat misalnya sendok. Yang perlu diperhatikan adalah telur dan ratu lebah klanceng harus dipindahkan dengan hati-hati.

BACA JUGA:Berikut Cara Daftar Beli BBM Subsidi Pakai Barcode, Februari 2023 Mulai Dibatasi

BACA JUGA:Gerindra dan PKB Resmikan Sekber, Ahmad Muzani: Partai Lain Pun Komunikasi Intens

Jika ratu dan telur lebah klanceng sudah dipindahkan, cadangan makanannya juga harus disiapkan di kotak tersebut, tapi di dalam ruangan yang berbeda.

Antara ruangan tempat ratu lebah dan cadangan makanan dihubungan dengan lubang kecil agar bisa dilewati oleh koloni lebah. Tujuannya agar ketika panen madu, posisi ratu lebah tidak terganggu.

Setelah Anda berhasil membuat koloni lebah sendiri dan berhasil memperbanyak dan melakukan budidaya secara mandiri, maka selanjutnya Anda bisa memanen madu dan menjualnya kepada konsumen.

Jika lingkungan tempat tinggal Anda jauh dari habitat lebah klanceng di alam, maka Anda bisa membeli koloni lebah klanceng dari petani atau pemburu lebah.

Dengan cara ini, Anda tentu tidak memiliki ikatan tertentu dan bisa melakukan budidaya lebah klanceng ini sendiri alias mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: