Tujuan Pawai Cap Go Meh Kota Cirebon 2023 untuk Tolak Bala, Begini Penjelasan Panitia

Tujuan Pawai Cap Go Meh Kota Cirebon 2023 untuk Tolak Bala, Begini Penjelasan Panitia

Tujuan pawai Cap Go Meh Kota Cirebon 2023. Ilustrasi foto:-Ade Gustiana-Radar Cirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM -- Pawai Cap Go Meh Kota Cirebon 2023 akan digelar akhir pekan ini tepatnya pada Minggu 5 Februari 2023.

Pawai Cap Go Meh di Kota Cirebon sudah absen dua tahun di masa Pandemi Covid-19, hingga akan kembali digelar di tahun 2023 ini.

Cap Go Meh merupakan puncak perayaan tahun baru Imlek yang digelar di hari ke-15 bulan pertama penanggalan Tionghoa.

Perayaan Cap Go Meh biasanya diisi dengan doa di vihara. Kemudian diikuti dengan rangkaian pesta dengan pertunjukan barongsai dan atraksi budaya Tionghoa lainnya.

Nah, di Kota Cirebon, pawai cap Go Meh tahun 2023 ini akan kembali digelar dan dijamin meriah. Warga luar kota bisa menyaksikan acara ini sekligus untuk berwisata.

BACA JUGA:Pencurian Kotak Amal Masjid Desa Matangaji Digagalkan Anak 11 Tahun, Pelaku Babak Belur

Sekretaris Panitia Richard D Pekasa mengatakan, perayaan Cap Go Meh Kota Cirebon di tahun 2023 ini akan berlangsung meriah.

Di sisi lain, ada makna tersendiri dari pawai Cap Go Meh yang akan digelar di akhir pekan tersebut. Warga keturunan Tionghoa di Cirebon pun punya banyak doa dan harapan..

“Memang makna kirab budaya (pawai) itu semacam tolak bala," katanya kepada Radar Cirebon. 

"Kita harapkan Cirebon bisa aman, maju, sejahtera. Selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Maka dari itu kita keliling kota sebagai tolak bala,” jelasnya.

Mewakili panitia dan warga Tionghoa di Kota Cirebon, Richard menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Kota Cirebon. 

BACA JUGA:Rute Pawai Cap Go Meh Kota Cirebon 2023 Akhir Pekan Ini, Catat Waktunya

BACA JUGA:MERIAH LAGI NIH, Perayaan Cap Go Meh di Kota Cirebon 2023, Ada Pawai Keliling Kota

Nantinya, saat pawai Cap Go Meh dilaksanakan, maka aktivitas dan perjalanan warga akan mengalami gangguan, khususnya di jalan-jalan yang menjadi rute pawai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: