Jelang Cap Go Meh, Vihara Dewi Welas Asih sambut Patung Dewa dan Joli dari Vihara se-Cirebon

Jelang Cap Go Meh, Vihara Dewi Welas Asih sambut Patung Dewa dan Joli dari Vihara se-Cirebon

Prosesi tradisi jemput rupang dan joli tamu dari vihara-vihara se-Kota Cirebon, Sabtu (4/2/2023).-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBO.COM-Sehari jelang perayaan Cap Go Meh, Vihara Dewi Welas Asih di Jl Kantor, Kota Cirebon menggelar tradisi jemput tamu rupang (patung dewa-dewi) dan joli, Sabtu (4/2/2023).

Rupang dan joli tersebut datang dari vihara-vihara yang ada di Kota Cirebon. Ada 4 rupang dan joli  yakni, Dewa Kwan Im Po Sat dari vihara Bodhi Sejati, Dewa Thian Sang Seng Boo dari vihara Buddha Sasana, Dewa Hok Tek Ceng Sin dari vihara Bun San Tong, dan Dewa Hok Tek Ceng Sin dari vihara MAKIN Talang.

Rupang (patung dewa-dewi) dan joli tersebut bakal di arak keliling Kota Cirebon dan kirab budaya pada puncak perayaan Cap Go Meh Imlek 2023 hari Minggu (5/2/2023).

"Seperti layaknya menyambut tamu, kita sambut Cap Go Meh, rupang-rupang dari vihara lain yang ada di Kota Cirebon dan disemayamkan selama satu malam di Vihara Dewi Welas Asih ini,"ungkap Sekretaris Panitia Perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2023, Richard D Pekasa kepada radarcirebon.com, Sabtu (4/2/2023).

BACA JUGA:Pasarkan Produk SBN Ritel Pertama 2023, BRI Berikan Literasi Keuangan Bersama Kemenkeu

BACA JUGA:5 Jenis Daging Steak yang Wajib Diketahui

Menurut Richard, dalam penyambutan rupang dajoli tersebut dilakukan dengan sejumlah prosesi dan ritual mulai dari penyambutan oleh barongsai dan pengurus Dewi Welas Asih, serta doa bersama, peletakan rupang hingga makan bersama.

"Ini yang terus kita jaga tradisinya yang memang rutin kita lakukan menjelang Cap Go Meh. Nanti pada kirab budaya, diikuti prajurit keraton-keraton di Cirebon, sanggar seni Sekar Pandan, sekolah Sariputra dengan Chinese Karakter, dan Cirebon Karnival,"ujarnya.

Richard mengatakan, persiapan kirab budaya Cap Go Meh sudah siap 90 persen.

"Jadi kita tinggal menunggu besok (5/2/2023) waktunya kirab Cap Go Meh. Ini proses berjalan terus,"pungkasnya.

BACA JUGA:Kasatlantas Himbau Pesepeda Listrik Gunakan Pelindung Diri

BACA JUGA:Disnaker 2 Tahun Diisi Plt, Kok Bisa ?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: