IPB Cirebon Bekali Mahasiswa Prodi PBI 4 Kompetensi Sekaligus

IPB Cirebon Bekali Mahasiswa Prodi PBI 4 Kompetensi Sekaligus

IPB Cirebon Bekali Mahasiswa Prodi PBI 4 Kompetensi Sekaligus--

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Mahasiswa yang belajar di Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon (IPB Cirebon) akan dihadapkan dengan berbagai tantangan di dunia kerja. Terutama di era global, mahasiswa tidak hanya dituntut cakap di bidang pendidikan, mahasiswa juga harus menguasai bahasa asing, penggunaan teknologi serta enterpreunership.

Hal tersebut yang melandasi program studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) IPB Cirebon untuk menerapkan kurikulum yang dapat membekali mahasiswa empat kompetensi sekaligus.

Kaprodi PBI Aldha Willyan MPd menuturkan, kurikulum yang diterapkan di Prodi PBI IPB Cirebon dirancang khusus untuk membekali mahasiswa, tidak hanya menguasai pendidikan bahasa inggris, namun juga bidang lain yang dibutuhkan di era global.

“Kurikulum yang diterapkan, bukan hanya untuk menghasilkan guru Bahasa Inggris biasa, tapi guru Bahasa Inggris yang melek teknologi, menguasai bahasa asing dan enterpreuner,” jelas Aldha saat ditemui di Kampus IPB Cirebon, jumat (3/2).

BACA JUGA:HPN 2023, Radar Cirebon Jadi Narasumber di Konvensi Nasional Media Massa di Medan

BACA JUGA:Salimah Siswi SMK Korban Begal di Indramayu Kaget Didatangi Polisi, Akhirnya Jadi Bahagia

Aldha menerangkan, ada beberapa mata kuliah di Prodi PBI yang didesain khusus untuk membekali mahasiswa di bidang teknologi. Diantaranya mata kuliah graphic 3D, graphic desain, multimedia animation, multimedia videografi dan sebagainya.

Selain itu ada juga mata kuliah technopreneurship, communication and public relation, introduction to event management, business communication and negotiation dan sebagainya. Mata kuliah tersebut sengaja dirancang untuk membekali mahasiswa di bidang entrepreneurship.

Kemudian, mahasiswa juga dibekali kemampuan profesional translatter dan profesional tour guide. Misalnya dengan mata kuliah basic translation, corporate document translation, Indonesian culture promotion, international cross-cultural communicatioan dan sebagainya.

“Jadi dengan kata lain, mahasiswa kita itu dibekali empat kompetensi sekaligus, yaitu kompetensi bahasa asing, teknologi, enterpreuner dan pedagogi,” ungkapnya.

BACA JUGA:TERBARU, Jadwal SIM Keliling Kabupaten Cirebon Pekan Ini Februari 2023

BACA JUGA:Diakhir Masa Jabatan, Gubernur RK Presentasikan Indeks Kemiskinan Menurun

Selain itu, untuk mendukung kompetensi tersebut, pihaknya juga memaksimalkan program program yang ada. Misalnya dengan mengirim mahasiswa untuk mengikuti kompetisi, baik di tingkat regional maupun tingkat nasional. Prodi PBI juga mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti pertukaran mahasiswa. Aldha menjelaskan, selain untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing, program program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan softskill lainnya.

Mu’tasim Billah misalnya. Ia merupakan mahasiswa prodi PBI semester 3 yang berhasil menjadi juara 1 lomba News Reading tingkat nasional yang digelar oleh konsorsium bahasa di salah satu perguruan tinggi negeri di Jakarta.

“Disini selain diajarkan mengenai bahasa asing, kita juga dibekali dengan keterampilan lainnya. Seperti di bidang digital, bidang tourism dan sebagainya,” ungkap Mu’tasim.

Mahasiswa Prodi PBI lainnya, Uswatun Hasanah dan Nur Sa’adah mengaku sangat bersyukur dapat menjadi bagian dari program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Mereka dan sejumlah mahasiswa lain berkesempatan untuk belajar dan mengikuti perkuliahan selama satu semester di Universitas Bosowa di Makassar.

“Ini juga berkat dukungan dari kampus IPB Cirebon sehingga kita berkesempatan mengikuti program tersebut dan mendapat banyak sekali pengalaman dan pengetahuan baru,” ujar Sa’adah.

BACA JUGA:Diakhir Masa Jabatan, Gubernur RK Presentasikan Indeks Kemiskinan Menurun

BACA JUGA:Bermasalah dengan Financial Fair Play, Manchester City Bakal Bagi-bagi Gelar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: