Mitos Batu Jubleg di Desa Sankanerang Kuningan, yang Mau Nambah Istri Bisa Coba ke Sini

Mitos Batu Jubleg di Desa Sankanerang Kuningan, yang Mau Nambah Istri Bisa Coba ke Sini

Sarman, Kuwu Sangkanerang, Kabupaten Kuningan menunjukan batu jubleg di Situs Buyut Salam. Foto:-Asep Kurnia-Radarcirebon.com

Ada batu yang lebih besar untuk laki-laki dan batu dengan ukuran lebih kecil untuk perempuan. Dua buah batu ini ditempatkan dengan posisi saling berhadapan.

Nah, banyak mitos yang menyelimuti Batu Jubleg di Desa Sangkanerang, Kabupaten Kuningan tersebut.

Mitosnya antara lain, jika ada orang yang mampu mengangkat dan membawa batu jubleg keliling situs, maka keinginannya akan tercapai.

Menurut warga, umumnya orang yang melakukan ritual semacam itu yang masih jomblo dan ingin segera memiliki pasangan.

Tidak terkecuali juga pria yang ingin menambah istri. Biasanya datang untuk berziarah dan menjajal mengangkat Batu Jubleg.

BACA JUGA:Marselino Ferdinan Pindah ke Belgia, Shin Tae Yong: Kesempatan Dapat Tim Lebih Baik Hilang

Tohir, warga yang rumahnya tak jauh dari Situs Buyut Salam membenarkan mitos soal Batu Jubleg tersebut. Menurut dia, masih sering peziarah datang dan menginnap di sana.

Bagi Tohir sendiri, merawat dan menjaga keaslian situs sudah menjadi kewajiban. "Soal khasiat kedua batu jubleg ya itu saya dapat dari cerita turun temurun," katanya dikutip dari radarkuningan.com.

"Siapapun yang berhasil mengangkat dan membawanya berkeliling semua keinginnya akan tercapai. Sekali lagi, ini yang saya dengar dari cerita mulut ke mulut, sejak dulu,"  tambah Tohir.

Banyak peziarah dan pengunjung dari luar kota yang sengaja datang untuk mendapatkan keinginan mereka. Bahkan ada yang sampai rela bermalam di situs tersebut.

Kuwu Desa Sangkanerang Sarman mengatakan, selain ingin mendapat jodoh, kebanyakan orang yang datang ke Situs Buyut Salam memiliki keinginan mendapatkan posisi dalam pekerjaan atau jabatan tertentu.

"Paling sering kalau musim pemilihan kuwu, banyak diantara mereka menyempatkan diri datang ke sini," ujar Sarman didampingi juru kunci situs. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: