Evakuasi Pilot Susi Air, TNI AD Kirim Pasukan Elite ke Nduga Papua

Evakuasi Pilot Susi Air, TNI AD Kirim Pasukan Elite ke Nduga Papua

TNI AD mengirimkan pasukan elite untuk mengevakuasi pilot Susi Air yang saat ini keberadaannya belum diketahui.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Aksi teror yang kerap dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua kian meresahkan.

Untuk menangani teror yang dilakukan KKB Papua, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mennyatakan telah mengirim pasukan elite TNI AD ke Papua.

BACA JUGA:Punya Kelainan! Mamah Muda Tersangka Dugaan Pelecehan Anak Dibawah Umur Dibawa ke RSJ Jambi

"Pada hari ini saya ke Halim (Perdanakusuma), saya ingin melihat pasukan yang akan diberangkatkan ke Papua.”

“Saya akan memberikan (dukungan) moril kepada mereka," katanya usai Rapim di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jumat 10 Februari 2023.

Dia mengungkapkan pasukan TNI AD yang diberangkatkan ke Papua merupakan pasukan elite yang difokuskan menangani KKB di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

BACA JUGA:Main Imbang Lawan Bali United, Persib Bandung Tak Terkalahkan di 15 Laga Terakhir Liga 1 2022-2023

"Kayaknya, khususnya untuk Paro saja," imbuhnya.

Selain itu, pasukan elite TNI AD itu akan bertugas mengevakuasi Pilot Susi Air.

Kemudian pasukan elite TNI AD yang kirim juga akan mengejar KKB pelaku pembakaran Pesawat Susi Air di Lapangan Terbang Distrik Paro.

BACA JUGA:Pilot Pesawat Susi Air Belum Ditemukan, Ketua Komisi I DPR RI: TNI Harus Turun Tangan

"Kira-kira begitulah. Dua-duanya, target itu harus tercapai," ujarnya.

Meski demikian, Dudung mengatakan pihaknya akan melakukan pendekatan humanis. Namun, tetap tegas terhadap KKB Papua sebagaimana arahan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

"Pendekatan tetap humanis, tetapi sebetulnya yang bisa menjawab ini adalah kewenangan Mabes TNI. Kalau saya kan hanya mengirim.”

BACA JUGA:Kinerja Diproyeksikan Terdongkrak Efek Holding Ultra Mikro, Analis Pasang Target Harga BBRI Rp6.200

“Tapi yang menggunakan itu Mabes TNI. Konsepnya saya lihat Panglima tetap persuasif, humanis, dan tegas terhadap para pelaku teroris," tuturnya.

Diketahui Pesawat Susi Air Jenis Pilatus Porter PC 6/PK-BVY dibakar KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya di Lapangan Terbang Distrik Paro.

Lima penumpang pesawat milik Susi Air saat ini sudah berhasil dievakuasi dari Paro ke Timika. Sementara, pilot belum diketahui keberadaannya. (jun)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase