Mudik Gratis 2023 Kemenhub, Cara daftar dan Persyaratannya, Tersedia 40 Ribu Tiket Lebih, Motor Juga Diangkut

Mudik Gratis 2023 Kemenhub, Cara daftar dan Persyaratannya, Tersedia 40 Ribu Tiket Lebih, Motor Juga Diangkut

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perhubungan menyelenggarakan Mudik Gratis Lebaran 2023. Foto:-PT KAI Daop 3 Cirebon-

Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui cara daftar dan syarat mengikuti program mudik gratis 2023 Kemenhub, simak langkah di bawah ini.

Cara dan Syarat Daftar Mudik Gratis 2023 Kemenhub:

  1. Buka laman mudikgratis.dephub.go.id 
  2. Siapkan KTP
  3. Siapkan SIM yang berlaku
  4. Siapkan Kartu Keluarga
  5. Siapkan STNK; besaran motor maksimal 200 cc 

BACA JUGA:Bola Besi Raksasa Terdampar di Pantai Hebohkan Warga Jepang, Muncul Spekulasi Tentang Ini..

Setelah melakukan pendaftaran, proses berikutnya adalah verifikasi data yang akan dilanjutkan di stasiun yang telah ditunjuk pemerintah.

Rute Perjalanan 

Mudik Gratis 2023 Kemenhub memiliki tiga rute perjalanan. Yaitu, melalui rute selatan, tengah dan utara.

Hal itu dijelaskan oleh Djarot Tri Wardhono. "Tiga lintasan yang kami tawarkan ada lintas utara, tengah, dan selatan," ujarnya.

Rute jalur utara meliputi Cilegon-Semarang Tawang. Mulai dari Stasiun Cilegon, kemudian ke Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, dan terakhir di Stasiun Semarang Tawang.

Menurut Djarot, ada yang berbeda dari mudik gratis tahun ini, yaitu Kemenhub akan menarik penumpang dari Cilegon Banten.

“Dari Cilegon kami tarik harapannya pemotor dari Cilegon dan sekitarnya, dari Merak dan sekitarnya bisa ketarik,” kata dia. 

“Bahkan mungkin kalau dia naik dari sebrang dari Sumatera dia naik kapal ferry dia bisa mengangkut motornya dengan kereta api. Jadi, tujuannya nanti bisa ke Semarang Tawang untuk lintas utara," jelasnya.

Adapun untuk jalur tengah, dari Jakarta Gudang-Purwosari. 

Melewati Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, dan Stasiun Purwosari.

"Kalau dilihat dari data tahun-tahun sebelumnya itu, Kutoarjo itu merupakan tujuan favorit. Jadi, sekitar 50 persen dari pemudik motor itu mengirim motornya itu di Kutoarjo," ungkap Djarot.

Sedangkan, jalur lintas selatan akan melayani rute Kiaracondong-Purwosari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: