4 Tokoh Nasional yang Bisa Bikin Warga Kuningan Bangga, dari Menteri Perempuan Pertama hingga Calon Presiden

4 Tokoh Nasional yang Bisa Bikin Warga Kuningan Bangga, dari Menteri Perempuan Pertama hingga Calon Presiden

Maria Ulfah, putri Bupati Kuningan kelima yang jadi menteri perempuan pertama di Indonesia. Foto: -Int-Radar Cirebon

Idik Sulaeman Nataatmadja yang lahir di Kuningan pada 20 Juli 1933. Namanya lebih dikenal dengan Idik Sulaeman saja. 

Tokoh pendidikan Indonesia asal Kuningan ini merupakan orang yang mencetuskan nama Paskibraka. 

Tidak hanya itu, seragam sekolah di Indonesia juga digagas olehnya. Idik Sulaeman juga yang membuat logo OSIS yang menempel di seragam sekolah.

Idik Sulaeman lahir dan menghabiskan masa kanak-kanaknya di Kuningan namun kemudian menamatkan SMP di Purwakarta dan SMA di Jakarta.

Selain tokoh pendidikan, Idik juga seorang seniman. Setelah lulus SMA, dia kemudian memilih jurusan Seni Rupa di Departemen Ilmu Teknik Institut Teknologi Bandung dan lulus sebagai Sarjana Seni Rupa.

3. SN Ratmana

Tokoh berikutnya adalah SN Ratmana atau nama aslinya Ratmana Sutjiningrat. Sastrawan Indonesia angkatan 66 ini lahir di Kuningan pada 6 Maret 1936.

Meski lahir di Kuningan, Ratmana kemudian besar di Pekalongan kemudian memilihi menetap hingga wafat di Kota Tegal Jawa Tengah.

Kakrya sastranya meliputi puisi, naskah drama, cerpen dan novel.

4. Anies Rasyid Baswedan

Nah, tokoh nasional yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi publik Tanah Air. Anies Baswedan adalah tokoh politik Indonesia masa kini.

Dia diusung sebagai calon presiden oleh Partai Nasdem dan pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Di samping itu, Anies pernah menjabat Menteri Pendidikan. 

Anies Rasyid Baswedan lahir di Kabupaten Kuningan, pada 7 Mei 1969 dari keluarga terpelajar. Ayah dan Ibunya, Rasyid Baswedan dan Aliyah berprofesi sebagai pendidik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: