Drawing Piala Dunia U-20 Batal, Inspeksi Stadion Jalan Terus, Pertanda Apakah Itu?

Drawing Piala Dunia U-20 Batal, Inspeksi Stadion Jalan Terus, Pertanda Apakah Itu?

Tim FIFA sedang melakukan inspeksi di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin 27 Maret 2023.-pssi.org-

GIANYAR, RADARCIREBON.COM – Meski telah menbatalkan drawing Piala Dunia U-20 yang rencananya akan berlangsung pada 31 Maret 2023 di di Taman Werdhi Budaya Art Center, Bali.

Tapi, FIFA tetap melakukan inspeksi stadion yang akan dijadikan venue Piala Dunia U-20, seperti yang dilakukan pada Senin 27 Maret 2023 kemarin di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Tercatat ada 18 perwakilan FIFA yang hadir dalam inspeksi tersebut, 40 orang yang datang termasuk dari PSSI dan Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC).

BACA JUGA:Piala Dunia U-20, Presiden Jokowi Utus Erick Thohir untuk Bertemu FIFA Cari Solusi Terbaik

Sedangkan perwakilan FIFA tersebut adalah Project Team Venue Management FIFA Christian Schmolzer, Venue Manager FIFA Sunny Kohli, Technical Services FIFA Ross Maclean, Safety and Security FIFA Anke Becker.

Peninjauan dilakukan di Stadion Kapten I Wayan Dipta dengan lima grup seperti manajemen dan keamanan, marketing, media broadcast, hingga peninjauan di lapangan terkait kondisi lapangan, area parkir, hingga arus keluar masuk tim, suporter, hingga kendaraan.

Management FIFA Christian Schmolzer menjelaskan, tidak mengetahui alasan mengapa drawing Piala Dunia U-20 2023 dibatalkan oleh pimpinan tertinggi FIFA.

BACA JUGA:Bulan Ramadhan Harga Sembako Naik, Ridwan Kamil Punya Tiga Langkah Strategis untuk Antisipasinya

"Kami ke Bali meskipun drawing Piala Dunia U-20 telah dibatalkan. Kami datang ke sini untuk melanjutkan dan menyelesaikan inspeksi stadion," ujar Christian di Bali United Cafe sebelum melakukan Inspeksi di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Saat ditanya apakah alasannya karena berbagai penolakan terhadap timnas Israel U-20 termasuk dari Gubernur Bali I Wayan Koster?

"Perlu ditegaskan, kami tidak memiliki info tambahan terkait penyelenggaraan turnamen. Kami datang ke sini bukan kunjungan resmi dari FIFA, tetapi kunjungan kerja untuk melakukan peninjauan stadion yang akan dipakai buat pertandingan," ungkapnya.

BACA JUGA:Mudik Lewat Indramayu Hindari Jalur Alternatif, Seperti Ini Kondisinya

Sementara itu Ketum Asprov PSSI Ketut Suardana juga tidak bisa terlalu banyak berkomentar terkait inspeksi FIFA ke Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Suardana mengaku jika ia hanya menjadi pendamping saja saat melakukan inspeksi kali ini.

Ia juga  berharap agar pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023 bisa berjalan dengan lancar meskipun drawing Piala Dunia U-20 2023 dibatalkan oleh FIFA.

"Kami disini hanya mendampingi saja. Jujur, situasi saat ini sedikit berubah. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan dengan baik.”

BACA JUGA:Cara Narapidana mengisi Bulan Ramadhan

“Saya mewakili Asprov PSSI Bali dan juga pecinta sepak bola, ingin agar ada solusi untuk permasalahan ini.”

“Tentu PSSI memiliki kesempatan yang baik agar Piala Piala Dunia U-20 di Indonesia bisa berjalan dengan lancar," lanjutnya.

Setelah melakukan inspeksi ke Stadion Dipta, rombongan FIFA, PSSI, INAFOC, dan perwakilan Bali United menyambangi empat lapangan penunjang.

Secara bergiliran mulai dari Stadion Ngurah Rai Denpasar, Stadion Kompyang Sujana, Lapangan Gelora Samudera Kuta, dan Lapangan Gelora Trisakti Legian.

BACA JUGA:Jurus Jitu Rupbasan Cirebon Isi Kegiatan Saat Puasa Ramadhan

Sebelumnya, perwakilan FIFA terlebih dahulu melakukan inspeksi di stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya dan Stadion Manahan, Solo,

Verifikasi tahap akhir dilakukan FIFA terhadap enam stadion penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 pada 21-27 Maret. Selain Bali, Surabaya, dan Solo.

Perwakilan otoritas sepak bola dunia tersebut juga melakukan penilaian ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang).

Karena sifatnya penilaian, FIFA melakukan verifikasi secara tertutup. Mereka mengizinkan pihak-pihak di luar berkepentingan ikut dalam sesi kunjungan stadion. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase