Kuliah Lebih Singkat, Universitas Swadaya Gunungjati Cirebon Buka Program Baru

Kuliah Lebih Singkat, Universitas Swadaya Gunungjati Cirebon Buka Program Baru

Rektor UGJ, Mukarto Siswoyo saat menggelar jumpa pers di kampus 1 UGJ Jl Pemuda, Kota Cirebon.-Dedi Haryadi-Radar Cirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Universitas Swadaya Gunungjati (UGJ) Cirebon membuka program baru, Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) tahun akademik 2023/2024.

Program baru tersebut, guna memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memeroleh gelar akademik (sarjana).

Lewat program baru ini, lama belajar mahasiswa Universitas Swadaya Gunungjati menjadi lebih singkat.

Hal tersebut diungkapkan Rektor UGJ, Mukarto Siswoyo saat menggelar jumpa pers di kampus 1 UGJ Jl Pemuda, Kota Cirebon.

BACA JUGA:Partai Golkar Gelar Buka Puasa Bersama, Begini Pesan Dave Laksono

BACA JUGA:7 Keutamaan Malam Nuzulul Quran, Insya Allah Nanti Malam, Yuk Siap-siap Panen Pahala

Mukarto menyebutkan, program tersebut dibuka berdasarkan Permendikbudristek RI Nomor 42 Tahun 2021 untuk program sarjana maupun magister.

"Jadi, program ini khusus bagi masyarakat atau mahasiswa yang sebelumnya sempat berkuliah tetapi terhenti (bukan Drop Out)," sebut Mukarto.

Mukarto menambahkan, hanya UGJ satu-satunya perguruan tinggi di Wilayah III Cirebon yang mendapat kepercayaan untuk membuka program RPL.

Dijelaskannya, terdapat 13 program studi (prodi) S1 dan dua program magister yang dibuka dalam program perkuliahan RPL di Universitas Swadaya Gunungjati Cirebon tahun akademik 2023/2024.

BACA JUGA:Mengingat Kembali Kronologi Sunjaya yang Terkena OTT KPK

BACA JUGA:Subsidi BBM Harus Tepat Sasaran

"Di antaranya prodi S1 agribisnis, agroteknologi, akuntansi, administrasi publik, hukum, ilmu komunikasi, teknik sipil, manajemen, pendidikan bahasa Inggris, pendidikan bahasa dan biaya untuk program RPL," jelasnya.

Adapun syarat utama mengikuti program RPL tersebut, lanjut Mukarto, ialah minimal lulus SMA atau sederajat, pernah menempuh pendidikan nonformal, informal dan pengalaman kerja yang relevan pada prodi yang ditempuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: