JPPR Kabupaten Cirebon Turut dalam Rakor Pengawasan Pemilu

JPPR Kabupaten Cirebon Turut dalam Rakor Pengawasan Pemilu

Bawaslu, Panwas Kecamatan Panguragan dan JPRR Kabupaten Cirebon menggelar rapat koordinasi.--

CIREBON, RADARCIREBON.COM -- Bawaslu bersama Panwas kecamatan Panguragan menggelar Rapat Koordinasi pengawasan dan penyusunan data pemilih untuk pemilu serentak 2024.

Bertempat di Gedung UPT Kecamatan Panguragan Minggu (9/4/2023), Rapat Koordinasi menghadirkan Fathan Mubarak sebagai Koordinator JPPR Kabupaten Cirebon dan Arif Rahman selaku Ketua LPBHNU Kabupaten Cirebon. 

Menurut Ketua Panwascam Panguragan, Munawar Cholil SH, Rakor tersebut bertujuan untuk memetakan persoalan dan merumuskan strategi pengawasan terkait tahapan data pemilih yang kini tengah dilakukan KPU. 

Senada dengan itu, di hadapan rapat yang diikuti tiga komisioner, delapan staf Panwascam, dan sembilan PKD, ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon, Abdul Khoir, memberikan himbauan agar tugas pengawasan dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab. 

Rakor yang berlangsung sekitar dua jam itu berjalan dengan khidmat dan dialogis.

Di akhir acara, Fathan menegaskan bahwa dalam 17 tahun terakhir,  indeks demokrasi Indonesia nyaris hanya bergantung pada kualitas pemilunya.

BACA JUGA:Festival Ramadan Kuningan untuk Membantu UMKM, Berikut Ini Jadwal Pelaksanaannya

BACA JUGA:MUDIK LEBIH HEMAT! Ada Diskon 20 Persen 2.550 Tiket Kereta Api Keberangkatan 14-17 April 2023

Oleh karena itu, lanjut Fathan, kualitas pemilu harus terus ditingkatkan agar kelak dapat menghadirkan perbaikan empat indikator demokrasi yang oleh lembaga-lembaga riset dunia dianggap cacat. 

"Saya senang dan bangga dengan semangat pengawasan Panwascam Panguragan. Sebab selain perkara sistemik, kerja-kerja demokrasi membutuhkan juga pemahaman, kesadaran, dan etos kritis sebagai bagian dari penguatan budaya dalam berdemokrasi itu sendiri," tandas Fathan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: