Hore! Jalan Poros Ambulu Losari Bakal Diperbaiki Setelah Lebaran

Hore! Jalan Poros Ambulu Losari Bakal Diperbaiki Setelah Lebaran

Perangkat Desa Ambulu gotong royong memperbaiki jalan rusak pada bulan Februari 2023. Rencana jalan poros sepanjang 4 kilometer ini akan diperbaiki DPUTR Kabupaten Cirebon. -Deny Hamdani-Radar Cirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Cirebon memastikan perbaikan jalan poros Ambulu Kecamatan Losari tahun 2023.

DPUTR Kabupaten Cirebon akan menganggarkan perbaikan jalan poros Ambulu dalam APBD Perubahan Parsial.

BACA JUGA:Terkait Kondusifitas Daerah Selama Lebaran 2023, Begini Pesan Sekda Kota Cirebon ke Masyarakat

Sebelumnya, masyarakat dan Pemerintah Desa Ambulu Kecamatan Losari melakukan aksi protes dengan cara memperbaiki jalan poros yang rusak menggunakan anggaran swadaya masyarakat.

Menurut Kuwu Ambulu, Sunaji mendapat informasi jika Dinas PUTR Kabupaten Cirebon akan memperbaiki Jalan Ambulu dengan menggunakan APBD perubahan parsial.

“Rencananya melalui anggaran perubahan parsial, yang mudah-mudahan bisa digelar setelah Lebaran ini,” ujarnya, dilansir dari Harian Umum Radar Cirebon, Kamis 13 April 2023.

BACA JUGA:ASTRA Infra Perkenalkan Aplikasi MyInfo Tol, Permudah Perjalanan Mudik Lebaran 2023

Dia mengatakan, informasi rencana perbaikan ruas jalan Desa Ambulu tersebut diketahuinya dari komunikasi yang dilakukan dirinya dengan Kepala Bapelitbangda Kabupaten Cirebon.

Katanya, dinas sudah menganggarkan perbaikan Jalan Poros Desa Ambulu sebesar Rp1 miliar melalui APBD Perubahan parsial.

“Panjang ruas Jalan Desa Ambulu bila diukur dari jalur pantura hingga Taman Wisata Mangrove ada sekitar 4 kilometer.”

BACA JUGA:Rumah Milik Warga Segeran Indramayu Terbakar, Kerugian Belum Ditaksir

“Namun jalan poros yang masuk di Desa Ambulu saja panjangnya ada sekitar 2 kilometer,” ungkapnya.

Diakui Sunaji, kerusakan ruas Jalan Ambulu memang cukup parah. Kondisi tersebut menimbulkan keprihatinan masyarakat yang mengeluh kondisi jalan rusak parah.

“Karena belum ada perbaikan, kami dan perangkat desa patungan uang untuk memperbaiki jalan yang rusak parah ini,” tuturnya.

BACA JUGA:Demi Kelancaran Operasi Ketupat Lodaya 2023 di Kota Cirebon, Semua Pihak Diminta Ikut Terlibat Aktif

Diakuinya, swadaya para perangkat desa untuk memperbaiki jalan ini sudah dua kalinya.

“Yang pertama tahun 2021 kita patungan uang dari perangkat desa untuk perbaiki jalan, dan ini yang kedua kalinya kita patungan kembali untuk perbaiki jalan,” ujarnya.

Menurut Sunaji, rusaknya ruas jalan tersebut mematikan wisata dan perekonomian yang dibangun dan dibiayai oleh kementerian atau Pemdes Ambulu.

BACA JUGA:Ricky Rizal Terdakwa Pembunuhan Brigadir J Tetap Dihukum 13 Tahun Penjara

Perlu diketahui, di Desa Ambulu terdapat Wisata Mangrove, ada Galeri Ambulu Maju untuk Mal UMKM dan taman terbuka yang berasal dari Kementerian PUPR.

“Semuanya itu akan sia-sia sebagai kegiatan perekonomian karena jalan menuju tempat tersebut rusak parah, sehingga sedikit orang yang berkunjung akibat kerusakan jalan,” ungkapnya. (den)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase