HATI-HATI dengan Tempat Penukaran Uang Ilegal, Ini Bahayanya Menurut Kepala BI Cirebon

HATI-HATI dengan Tempat Penukaran Uang Ilegal, Ini Bahayanya Menurut Kepala BI Cirebon

Kepala KPw BI Cirebon bersama salah satu pemudik asal Jakarta yang melakukan penukaran di Rest Area 207 A Tol Pali-Kanci.-APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Berbagi THR ke sanak saudara memang sudah jadi tradisi saat mudik di Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Hal ini lah yang membuat sejumlah masyarakat berbondong-bondong untuk melakukan penukaran uang baru menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Sayangnya, ada beberapa masyarakat yang memanfaatkan momen ini untuk menjual jasa penukaran uang.

Padahal akses penukaran Uang pecahan Kecil (UPK) kini semakin mudah dan bisa ditemukan di berbagai titik.

Kepala KPW BI Cirebon pun menghimbau masyarakat untuk melakukan penukaran hanya di perbankan dan kas keliling. 

Kepala KPw BI Cirebo, Hestu Wibowo menuturkan, layanan penukaran UPK hingga kini masih dibuka di 136 titik di Ciaumajakuning.

BACA JUGA:Belum Dapat Uang Baru? Coba Datang ke Tempat Penukaran Berikut Ini, Buka Sampai Kamis

Masyarakat masih bisa melakukan penukaran di perbankan yang tersebar di Ciayuamajkuning hingga Kamis (20/4), Grage Mall (hingga 18 April) serta di Rest Area KM 207 juga 166 Tol Kanci hingga 19 April.

Untuk itu, Hestu menghimbau masyarakat untuk bisa melakukan penukaran di tempat-tempat tersebut dan mengingatkan untuk tidak melakukan penukaran di tempat yang ilegal.

Pasalnya saat melakukan penukaran di tempat ilegal ada hal yang berpotensi merugikan penukar. Seperti uang tidak sesuai jumlah, diselipkannya uang palsu, hingga risiko meningkatkan kriminalitas.

"Tentu kita menghindari adanya oknum nakal yang memanfaatkan momen ini, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan layanan penukaran yang sudah tersedia di 136 titik di wilayah Ciayumajakuning untuk menghindari terjadinya risiko tersebut," paparnya.

Sementara itu, Eko salah satu pemudik dari Jakarta menuturkan sangat terbantu dengan adanya layanan penukaran uang di Rest Area KM 207 A Tol Pali-Kanci.

Sebelumnya ia tak sempat melakukan penukaran uang di Jakarta, saat perjalanan mudik menuju Semarang ia pun menyempatkan untuk melakukan penukaran.

BACA JUGA:Perjuangan Warga Ngantri Penukaran Uang Baru di Grage Mall Cirebon: Hujan, Panas, Orang Diganti Sandal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: