Berikut Ini Penyebab Charger Handphone Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Berikut Ini Penyebab Charger Handphone Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab charger handphone cepat panas. Ilustrasi foto:-Pexels.com-

BACA JUGA:Cerita Pembuat Ketupat Lebaran, Ceu Eroh Panik Ketika 500 Pesanan Harus Siap di Hari Jumat

Penyebab Charger Handphone Cepat Panas

1. Overcharging

Ketika handphone telah terisi penuh, tetapi charger masih terhubung ke stopkontak, maka arus listrik akan terus mengalir ke handphone dan menyebabkan charger dan handphone cepat panas.

2. Kabel charger yang rusak

Kabel charger yang rusak dapat menyebabkan arus listrik tidak stabil dan berlebih, sehingga menghasilkan panas yang berlebihan.

3. Overheating pada handphone

Jika handphone sedang dalam kondisi panas akibat penggunaan yang berlebihan, dan kemudian dicolokkan ke charger, maka hal ini dapat menyebabkan charger dan handphone menjadi lebih panas.

4. Kualitas charger yang buruk

Charger handphone yang murah atau palsu dapat menyebabkan charger cepat panas dan bahkan dapat merusak baterai handphone.

Charger yang panas dapat memberikan pengaruh yang tidak baik untuk kesehatan handphone. Untuk mengatasinya, bisa dilakukan cara berikut ini:

Mengatasi Charger Handphone yang Cepat Panas

1. Jangan biarkan handphone terus terhubung dengan charger setelah baterai terisi penuh. Cabut charger dari stopkontak dan dari handphone.

2. Gunakan kabel charger yang berkualitas baik dan sesuai dengan merek dan tipe handphone Anda.

3. Hindari penggunaan handphone pada saat pengisian daya, terutama saat sedang digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan banyak daya seperti gaming atau merekam video.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: