Syekh Panji Gumilang Bangun Galangan Kapal Besar di Indramayu, Dahlan Iskan: Ini Bukan Kapal Nabi Nuh Loh Ya

Syekh Panji Gumilang Bangun Galangan Kapal Besar di Indramayu, Dahlan Iskan: Ini Bukan Kapal Nabi Nuh Loh Ya

Syekh Panji Gumilang bangun galangan kapal ukuran besar di Indramayu.-Adun Sastra-radarcirebon.com

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM - Bismillahi Majreha wa Mursaha Inna Lagafururrahim. Itulah kalimat doa yang diungkapkan Syekh Panji Gumilang, saat berbincang dengan Dahlan Iskan di galangan kapal PT Pelabuhan Samudra Biru.

Galangan kapal ini, dibangun atas prakarsa Lembaga Kemakmuran Masjid Rahmatan Lil Alamin Al Zaytun Indramayu.

Tentu saja membuat berdecak kagum. Sebuah pondok pesantren, bisa memiliki galangan kapal dengan nilai investasi puluhan bahkan ratusan miliar rupiah.

Saking besarnya kapal yang diproduksi yang berukuran 600 gross ton, Dahlan Iskan menilai, bila nantinya dimiliki nelayan-nelayan Indonesia, ekspor ikan akan sangat fantastis nilainya.

BACA JUGA:Selamat! Manchester City Juara Premier League Musim 2022-2023

"Ini bukan kapall Nabi Nuh loh ya. Bukan beliau membuat kapal Nabi Nuh," kata Dahlan Iskan mengungkap canda, ketika berbincang dengan Syekh Panji Gumilang.

Galangan kapal tersebut sudah dibangun sejak tahun 2021, dan saat ini sedang memproduksi 2 unit kapal berukuran 600 gross ton.

Syekh Panji Gumilang mengungkapkan, nantinya kapal tersebut akan dilengkapi dengan air blast freezer (ABF). Sehingga suhu udara penyimpanan ikan bisa berada di temperature minus 60 derajat celcius.

"Kalau cold storage masih lemah. Kita pakai ABF. Suhunya minus 60 derajat celcius, sehingga kualitas ikan terjaga," tandas pendiri Mahad Al Zaytun tersebut.

BACA JUGA:Di Al Zaytun, Dahlan Iskan Cerita Soal Pengalaman Ganti Hati: Umur Saya Tinggal 2 Bulan

Industri perikanan memang hal yang baru dimasuki oleh Al Zaytun, sekaligus tonggak baru bagi pesantren di Indramayu bagian barat tersebut.

Kendati demikian, seluruh tenaga ahli ternyata sudah dimiliki oleh Syekh Panji Gumilang, karena membangun galangan kapal adalah cita-cita lamanya.

"Seluruhnya dikerjakan oleh anak-anak Al Zaytun. Karena sejak saya mendirikan Al Zaytun sudah punya keinginan membangun galangan kapal," tandas Syekh Panji Gumilang.

Kembali, Syekh Panji Gumilang mengucap doa: Bismillahi Majreha wa Mursaha Inna Lagafururrahim. Menurutnya, tanpa ada fasilitas kapal tersebut kita tidak bisa melafalkan doa demikian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: