YUK AMINKAN! Bandung - Cirebon 1,5 Jam, Tol Cisumdawu Dibuka Pertengahan Juni, Sekarang Sedang Uji Laik Fungsi

YUK AMINKAN! Bandung - Cirebon 1,5 Jam, Tol Cisumdawu Dibuka Pertengahan Juni, Sekarang Sedang Uji Laik Fungsi

Jalan Tol Cisumdawu sedang dalam tahap uji laik fungsi sebelum dapat dioperasikan pada pertengahan Juni 2023.-BBPJN DKI Jakarta dan Jawa Barat-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Waktu tempuh perjalanan Bandung - Cirebon yang diproyeksikan menjadi hanya 1,5 jam saja, bakal segera terwujud dengan beroperasinya Jalan Tol Cisumdawu.

Saat ini, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sedang dalam tahap uji lai fungsi (ULF) untuk Seksi 4 sampai dengan 6 sepanjang 28,2 kilometer.

Bila sudah lolos dari ULF, Jalan Tol Cisumdawu memasuki tahap operasi fungsional yang diharapkan sudah dapat dilakukan pada pertengahan Juni nanti.

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta - Jawa Barat, Ir Brawijaya menjelaskan, ULF dilaksanakan untuk kepentingan pembukaan Tol Cisumdawu pada pertengan Juni.

BACA JUGA:HIDDEN GEM Kuningan Nih, Obim Village Linggarjati, Kafe dan Staycation yang Tenang

"Uji laik fungsi dilaksanakan dalam tiga tim yakni tim terkait dengan keselamatan lalu lintas, infrastruktur dan administrasi," kata Brawijaya, dalam keterangannya dilansir dari publikasi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Minggu, 11, Juni 2023.

Dijelaskan Brawijaya, dalam ULF ini, tim kedua yang diterjumkan dibagi ke dalam 2 sub tim yakni, terkait infrastruktur. 

Kedua tim tersebut dipecah yakni untuk pengecekan dari arah Cimalaka ke Majalengka atau Jalur A. Kemudian tim berikutnya pengecekan Jalur B dari arah Majalengka ke Cimalaka.

Sedangkan untuk tim ketiga adalah untuk administrasi dari unsur BPJT, kontraktor dan lainnya. Sehingga dapat dilakukan dengan komprehensif.

BACA JUGA:Syekh Panji Gumilang Tidak Menggunakan Gelar Kiai Maupun Gus, Tapi Kok Bisa Pimpin Mahad Al Zaytun?

"Semoga hasil uji lai fungsi tidak banyaj perbaikan yang harus dilakukan, karena saya lihat juga sudah bagus," tuturnya.

Kendati demikian, Brawijaya berharap kalaupun ada temuan dari ULF ini, dapat segera ditindaklanjuti. Sehinggar target beroperasi pada pertengahan Juni tidak bergeser.

"Namun bila ada temuan ada waktu untuk melakukan perbaikan sebelum dilakukan pembukaan operasional Jalan Tol Cisumdawu," ujar Brawijaya.

Seperti diketahui, Tol Cisumdawu saat ini sedang diupayakan untuk dapat beroperasi secara penuh mulai dari Bandung sampai dengan Kertajati, Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: