PWNU Jabar Bahtsul Masail Bahas Mahad Al Zaytun, Cara Salat sampai Salam 'Yahudi' Dibahas

PWNU Jabar Bahtsul Masail Bahas Mahad Al Zaytun, Cara Salat sampai Salam 'Yahudi' Dibahas

PWNU Jabar melalui LBM akan melaksanakan Bahtsul Masail terkait dengan polemik Mahad Al Zaytun yang dilaksanakan di Indramayu.-Mahad Al Zaytun-radarcirebon.com

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM - Lembaha Bahtsul Masail (LBM) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat, akan melaksanakan Bahtsul Masail Zona 1 yang salah satunya membahas mengenai Mahad Al Zaytun.

Topik mengenai Al Zaytun dibahas karena belakangan ini, pondok pesantren yang dipimpin Syekh Panji Gumilang menimbulkan polemik.

Oleh karena itu, perlu adanya pembahasan mengenai beberapa hal yang menjadi polemik. Misalnya cara salat, sampai dengan ucapan salam.

Rencananya, agenda Bahtsul Masail akan dilaksanakan di Ponpes Hidayatuttholibiin, Kabupaten Indramayu.

BACA JUGA:Polisi Bongkar Kasus Perdagangan Orang di Cirebon, Begini Modus yang Digunakan Pelaku

"Salah satunya pelaksanaan dan teknis yang tidak lumrah dilakukan oleh umat Islam," kata Sektretaris LBMNU Jawa Barat, KH Afif Yahya.

Beberapa polemik yang dibahas mengenai tata cara salat adalah penggunaan aturan jarak baik saat Salat Idul Fitri maupun Salat Jumat dan ibadah berjamaah lainnya.

Kemudian, perempuan yang ditempatkan pada shaf depan sejajar dengan laki-laki saat salat berjamaah.

"Beberapa bulan terakhir, Pondok Pesantren Al Zaytun membuat ramai jagad maya dan menyita perhatian berbagai media di Indonesia," sebut KH Afif Yahya, melalui siaran pers yang diterima radarcirebon.com.

BACA JUGA:Jasad Tanpa Identitas Ditemukan di Pematang Sawah, Warga Kebulen Indramayu Gempar

Hal lain yang dibahas adalah mengenai adanya jemaah laki-laki saat Salat Idul Fitri, yang belakangan diketahui adalah non muslim.

Kemudian, topik bahasan adalah mengenai video salam dalam Bahasa Ibrani yang disebut oleh masyarakat Salam Yahudi.

Bahkan, pada beberapa kesempatan Syekh Panji Gumilang mengajak hadirin pada sebuah acara menyanyikan lagu dengan Bahasa Ibrani itu.

Salam yang dimaksud adalah Havenu Shalom Aleichem. Bila diartikan dalam Bahasa Indonesia: Aku bawa berita sejahtera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: