Dahlan Iskan Bicara Stem Cell, Apakah Manfaat Bagi Tubuh?

Dahlan Iskan Bicara Stem Cell, Apakah Manfaat Bagi Tubuh?

Dahlan Iskan.--

Hanya sayang Dahlan masih merahasiakan nama dokter dan lokasi persis di mana dia melakukan stem cell di ibukota Jawa Tengah itu.

Lalu apakah stem cell? Sel punca atau stem cell adalah sel biologis yang merupakan jejak utama DNA. Sel ini didapat dari meremajakan diri dan menghasilkan lebih banyak sel yang berguna sebagai sumber pembentuk sel baru. 

BACA JUGA:Laga Perdana Persib vs Madura United Diwarnai Protes dan Seruan Boikot dari Bobotoh, Ada Apa?

BACA JUGA:Kapal Besar Mahad Al Zaytun dan Rencana Blue Economy Dalam Lagu yang Dinyanyikan Sundari Soekotjo

Tak hanya itu, stem cell juga bertugas dalam memastikan setiap sel rusak diganti dengan sel yang baru. 

Sel sendiri merupakan partikel terkecil dalam struktural dan fungsional kehidupan manusia. Tubuh manusia terdiri dari sistem organ yang dibentuk oleh jaringan, sedangkan sel merupakan pembentuk jaringan itu sendiri sebagai penyusun dasar tubuh manusia. 

Sel bertugas dalam mengatur dan mengolah semua informasi yang masuk ke dalam tubuh, sehingga tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. 

Sedangkan stem cell bisa disebut sebagai “pabrik” dari sel-sel apapun dalam tubuh manusia. Karena fungsinya sebagai “pabrik sel”, fungsi tersebut kemudian dimanfaatkan oleh dunia kedokteran untuk menyembuhkan beragam penyakit. 

Caranya dengan melakukan terapi yang dapat menciptakan jaringan, organ, serta sel baru dalam tubuh. Terapi stem cell sendiri memungkinkan peserta sembuh dari penyakitnya.

Stem cell tentu memiliki peran penting dalam tubuh, karena akan aktif ketika ada sel-sel dalam tubuh yang mengalami kerusakan fungsi. Ketika hal tersebut terjadi, stem cell bertugas untuk mengganti dengan sel-sel yang baru. 

Bisa dibilang jika stem cell adalah penjamin pasti pergantian sel-sel baru, jika ada sel-sel dalam tubuh yang rusak.

Hal ini dapat dilihat dari sel-sel permukaan kulit yang memiliki rentang hidup yang pendek. Saat seseorang mengalami luka, sel-sel pada kulit tersebut akan mengalami kematian dengan lebih cepat. 

Nah, stem cell-lah yang bertugas dalam membentuk lapisan-lapisan kulit baru yang nantinya akan menutup luka. (*) 

BACA JUGA:Tim Raimas Macan Kumbang Polresta Cirebon Beralsi, 5 Remaja Ini Jalan-jalan Bawa Celurit, Akhirnya Gini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: