Bambang : Ekraf Bisa Jadi Tulang Punggung Ekonomi Masyarakat

Bambang : Ekraf Bisa Jadi Tulang Punggung Ekonomi Masyarakat

Bambang Mujiarto ST-Andri Wiguna-radarcirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM   - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Bambang Mujiarto ST menyebut sektor ekonomi kreatif menjadi sektor penting yang dapat menopang perekonomian masyarakat secara masif.

Oleh karena itu, ia mendorong agar pemerintah membuat kebijakan yang mendorong agar sektor ekonomi kreatif ini dapat berkembang dan menjadi salah satu tulang punggung perekonomian masyarakat.

Menurutnya, Jawa Barat sendiri menjadi salah satu penyumbang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) ekraf Jabar mencapai Rp191,3 triliun atau 20,73 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) ekraf nasional. Kontribusi ekspor ekraf Jabar mencapai 6,38 juta USD atau 31,93 persen dari total ekspor ekraf nasional. 

"Jumlah usaha ekraf yang bergerak di Jabar mencapai 1,5 juta unit dengan menyerap tenaga kerja sekitar 3,8 juta orang,"ujarnya.

BACA JUGA:Puting Beliung di Indramayu Dikaitkan dengan Al Zaytun, Warganet: Alam Murka Sama Gumilang

BACA JUGA:Beberapa Masalah yang Dialami Jemaah Malaysia di Masyair

Ditambahkannya, ekonomi kreatif di Jawa Barat hingga kini masih disumbang oleh tiga besar subsektor, yakni kerajinan tangan, kuliner dan fesyen. Untuk kerajinan tangan menyumbang 27,1 persen, kuliner 26,4 persen, dan fesyen 16,7 persen. Sedangkan subsektor lainnya total 

29,8 persen. Jawa Barat menjadi salah satu penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) di bidang ekraf terbesar, yakni 11,81 persen atau tertinggi ketiga setelah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebesar 16,12 persen, dan Bali sebesar 12,57 persen.

“Ekraf bisa menjadi peluang ekonomi yang menjadi tulang punggung masysrakat ekonomi yang tahan terhadap berbagai krisis ekonomi, tentunnya harus di topang dengan pendampingan dari pemerintah yang membantu menyiapkan pasar dan peningkatan keterampilan dari pelaku usahanya,”imbuhnya.

Kabupaten Cirebon kata Bambang punya banyak sentra ekraf dari mulai pusat kuliner dari Batembat dan Talun, lalu fesyen Di Trusmi dan Tegalgubug, serta kerajinan di Sitiwinangun, Gegesik dan banyak daerah lainnya. (dari)

BACA JUGA: Dampak Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru, Warga Mengungsi Butuh Makanan dan Selimut

BACA JUGA: Manfaat Daun Pandan Bagi Wanita, Bisa Atasi Berbagai Masalah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: