Prakiraan Cuaca BMKG, Jawa Barat Berpotensi Hujan Hari Ini

Prakiraan Cuaca BMKG, Jawa Barat Berpotensi Hujan Hari Ini

Hujan disertai petir. Ilustrasi foto:-pexels.com -

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Nampaknya hujan sedang hingga lebat akan turun disejumlah wilayah Indonesia, pada Minggu 9 Juli 2023.

Bahkan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk waspada potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai petir dan angin kencang.

BACA JUGA:Ahli Bedah Ortopedi Asal India Sarankan 5 Posisi Duduk yang Harus Dihindari

Berdasarkan pemodelan sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan provinsi yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan dapat disertai petir serta angin kencang berpotensi terjadi di Aceh, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu.

BACA JUGA:Makjleb! Begini Kata Pakar BRIN Soal Nikuba Ciptaan Aryanto Misel yang Sempat Mejeng di Italia

Kemudian, sebagian DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara.

Kemudian, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, dan Sumatra Utara.

BACA JUGA:Soal Kelanjutan Kasus Dugaan Penistaan oleh Panji Gumilang, Humas Polri: Saksi Ahli Bakal Dipanggil Bareskrim

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menjelaskan terkait sejumlah faktor dinamika atmosfer yang menyebabkan hujan masih turun pada awal kemarau, antara lain aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) serta gelombang ekuator Kelvin dan Rossby.

Ketiga dinamika atmosfer tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan secara tidak langsung meningkatkan curah hujan.

BACA JUGA:Tugas Sebagai Amirul Hajj Jabar Telah Usai, Begini Kesan Wagub Uu Selama di Tanah Suci

"Untuk itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat terdampak, terutama yang masuk wilayah bahaya, untuk meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan upaya mitigasi terhadap potensi hujan lebat hingga sangat lebat di sekitarnya," kata dia.

Di sisi lain, BMKG juga mengimbau masyarakat pesisir untuk waspada potensi gelombang tinggi hingga enam meter di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 8-9 Juli 2023.

BACA JUGA:Homecoming Miss Universe Jawa Barat Muthia Fatika Rachman ke Kota Cirebon: Saya Lahir di Perumnas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase