Muslimat dan Fatayat Gelar Pengajian Akbar, Ajak Warga Nahdliyin Aktif dalam Pembangunan Desa

Muslimat dan Fatayat Gelar Pengajian Akbar, Ajak Warga Nahdliyin Aktif dalam Pembangunan Desa

Muslimat dan Fatayat NU selenggarakan pengajian akbar di Balai Desa Depok, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, Minggu 9 Juli 2023. -DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Muslimat dan Fatayat menyelenggarakan pengajian akbar di Balai Desa Depok, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, Minggu, 9 Juli 2023.

Pengajian tersebut berlangsung khidmat dan ramai karena hadir warga, tokoh masyarakat, komunitas, pimpinan NU, perwakilan badan otonom NU, perangkat desa, dan pegawai kantor kecamatan.

BACA JUGA:Lepas Ratusan Mahasiswa Universitas Islam Bunga Bangsa Lakukan KPM, Ini Amanat Bupati Imron

Kegiatan ini berisi tradisi semaan Al-Qur'an, selawat, pembacaan do'a, pemaparan sejarah dan peran NU, pentas seni, ramah tamah, serta tausiyah oleh KH Solihin Ardi.

Ketua panitia dan ketua Ranting Fatayat NU Desa Depok, Ika Muslikhah menegaskan, warga atau jemaah betapa sangat antusias. Mereka sejak pagi berduyun-duyun merapat ke lokasi. Bahkan, ada yang terlihat sukarela atau gotong royong menyiapkan hidangan.

BACA JUGA:Jabar Kembali Jadi Tuan Rumah FEALAC Youth Summit, Begini Kata Ridwan Kamil

"Melalui acara itu, Muslimat dan Fatayat bisa mempererat persaudaraan. Lalu bersama-sama menguatkan niat dan komitmen.”

“Khususnya Muslimat dan Fatayat dapat mendukung program pendidikan anak dan pemberdayaan perempuan di desa. Kita berharap, keluarga besar nahdliyin aktif dalam program pembangunan desa," ujar dia.

BACA JUGA:Panji Gumilang Melawan, Wakil Ketua MUI Anwar Abbas Digugat ke PN Jakpus

Kuwu Desa Depok, Abdul Khalim memberikan apresiasi dan suport penuh. Menurutnya, terutama, NU wajib berperan dalam kebijakan atau program pembangunan keagamaan, sosial, serta kemasyarakatan di desa.

"Pemerintah desa, Muslimat-Fatayat, dan banyak badan otonom NU harus bersinergi guna meningkatkan pembangunan desa," tuturnya.

BACA JUGA:8 Fakta Jalan Tol Cisumdawu yang Besok Diresmikan Presiden Jokowi

Khalim menambahkan, Desa Depok bakal dikembangkan sebagai desa wisata religi, sejarah, dan budaya. Dengan jaringan kerjanya, NU mesti membantu perwujudan desa wisata.

"Di Desa Depok terdapat masjid keramat dan situs lain yang cocok menjadi tempat wisata religi, sejarah, serta budaya. Sanggar seni dan produk UMKM pun ada di Desa Depok," ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase