Kehadiran Tol Cisumdawu Buat Jumlah Wisatawan Asal Bandung ke Goa Sunyaragi Meningkat

Kehadiran Tol Cisumdawu Buat Jumlah Wisatawan Asal Bandung ke Goa Sunyaragi Meningkat

Pengunjung Goa Sunyaragi Kota Cirebon. Foto:-Dedi Haryadi-Radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) mencatat, wisatawan asal Bandung semakin banyak berkunjung ke objek wisata Goa Sunyaragi CIREBON, pasca-beroperasinya jalan Tol Cisumdawu.

BACA JUGA:Milad ke-63 Surabraja, Cita-citakan Jadi Inspirasi Indonesia!

Kepala Bagian Humas dan Pemasaran BPTAGS, Eko Ardi Nugraha menyebut saat hari libur tahun baru islam kemarin 19 Juli 2023. kunjungan wisatawan sebanyak 267 orang.

"Dari total pengunjung yang datang kemarin, dari catatan di loket (Goa Sunyaragi) sebanyak 22 keluarga berasal dari Kota Bandung."

"Satu keluarga biasanya terdiri dari 5 hingga 10 orang," ujar Eko Ardi dalam keterangan tertulisnya, Kamis 20 Juli 2023.

Eko memprediksi peningkatan kunjungan wisatawan asal Bandung ini karena saat ini waktu tempuh ke Kota Cirebon hanya 45 menit sampai 60 menit.

BACA JUGA:BIJB Kertajati Ingin Tangkap Potensi Penumpang dari Brebes hingga Tegal, Ini yang akan Dilakukan

"Tol Cisumdawu yang sudah tersambung ke Tol Cipali membuat waktu tempuh Bandung-Cirebon semakin dekat, ini membuat kunjungan ke sini (Goa Sunyaragi) semakin meningkat," tambahnya.

Sebelum beroperasinya Tol Cisumdawu ini, tingkat kunjungan wisawatan asal Bandung hanya sekitar 5-10 persen perpekan. 

"Tapi sejak Tol (Cisumdawu) dibuka, kunjungan wisatawan asal Bandung sudah menyentuh 20-30 persen perpekan, ini menunjukan efektivitas tol tersebut," kata Eko.

Eko juga memprediksi tingginya tingkat kunjungan wisatawan asal Bandung akan terus terjadi pada setiap akhir pekan.

BACA JUGA:'Persekusilah Al Zaytun sampai Puas', Orang Dalam Bawa-bawa Kesaktian Tongkat Nabi Musa

"Kota Cirebon kini menjadi destinasi wisata alternatif saat akhir pekan, dan kemungkinan bisa bersaing dengan Puncak Bogor atau Pantai Pangandaran," ungkapnya.

Sementara itu, objek wisata Goa Sunyaragi buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB. Adapun harga tiket untuk umum Rp.15.000 dan bagi pelajar/mahasiswa Rp.10.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase