Destinasi Wisata Kuliner dan Oleh-oleh Khas Cirebon, Tape Ketan Bakung, Sejarah dan Rahasia Kelezatannya

Destinasi Wisata Kuliner dan Oleh-oleh Khas Cirebon, Tape Ketan Bakung, Sejarah dan Rahasia Kelezatannya

Tape ketan Bakung, destinasi wisata kuliner dan oleh-oleh khas Cirebon. Foto:-Istimewa-Radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Destinasi wisata kuliner dan oleh-oleh khas Cirebon perlu diketahui sebelum kamu berlibur atau sekedar melakukan perjalanan.

Kuliner khas Cirebon memang sudah terkenal. Banyak wisatawan yang berkunjung sengaja untuk berburu kuliner.

Nasi jamblang, nasi lengko dan empal gentong sudah menjadi ikon kuliner Cirebon. Tapi yang sebetulnya, masakan khas dan oleh-oleh khas Cirebon masih banyak lagi.

Selain makanan berat seperti nasi jamblang dan empal gentong, Cirebon punya sirup Tjampolay yang sangat khas. Ada juga kerupuk kulit dan kerupuk melarat.

Nah, kalau yang akan dibahas kali ini, tape ketan Bakung. Yang satu ini adalah kudapan khas Kabupaten Cirebon. Terdapat di Desa Bakung Lor, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon. 

Sekarang, tape ketan Bakung sudah semakin digemari dan menjadi buruan wisatawan. Pasarnya juga semakin luas. Sampai ke luar Pulau Jawa. 

Ya, tape ketan Bakung bisa menjadi alternatif untuk buah tangan ataupun camilan ketika berkunjung ke Cirebon. 

BACA JUGA:5 Menu Nasi Jamblang Terfavorit, Nomor 4 Sangat Langka, Cirebon Banget dan Paling Diburu

BACA JUGA:4 Rekomendasi Rumah Makan Empal Gentong Khas Cirebon Paling Laris, Jaminan Rasa Menggoyang Lidah

Untuk mendapatkan kudapan yang satu ini, Kamu bisa mengunjungi toko oleh-oleh yang sudah banyak menjamur di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon.

Namun, jika Anda penasaran dan ingin melihat langsung proses produksi tape ketan ini, bisa datang langsung ke Desa Bakung Lor.

Letaknya di Kecamatan Jamblang. Ada di sebelah barat Kota Cirebon. Jaraknya dari pusat Kota Cirebon sekitar 20 kilometer.

Dari Kecamatan Jamblang sekitar 2 kilometer saja. Sedangkan dari kawasan wisata Batik Trusmi jaraknya sekitar 10 kilometer ke arah barat.

Jadi, kalau Anda datang dari arah Jakarta atau Bandung melalui jalur Pantura, maka akan sampai di wilayah Kecamatan Jamblang terlebih dahulu sebelum Trusmi dan Cirebon Kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: