Cek Tanggul Longsor di Bantaran Sungai Cimanuk, Komisi V DPR RI: BBWS Cimancis Segera Tangani

Cek Tanggul Longsor di Bantaran Sungai Cimanuk, Komisi V DPR RI: BBWS Cimancis Segera Tangani

Anggota DPR RI Komisi V H Dedi Wahidi bersama BBWS Cimancis meninjau salah satu lokasi Tanggul Cimanuk yang longsor di Desa Cibeber Kecamatan Sukagumiwang, Senin 25 Juli 2023.-Anang Syahroni-Radar Indramayu

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM – Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS Cimancis) untuk sementara akan menangani tanggul Sungai Cimanuk.

BACA JUGA:Anggota Densus 88 Tewas Ditembak Seniornya, Humas Polri: 2 Tersangka Sudah Diamankan

Hal itu setelah anggota DPR RI komisi V H Dedi Wahidi bersama Kepala BBWS Cimancis Dwi Agus Kuncoro meninjau sejumlah titik lokasi Tanggul Cimanuk yang longsor di Kabupaten Indramayu, Selasa 25 Juli 2023.

Menurut Anggota DPR RI Komisi V H Dedi Wahidi, bersama BBWS Ciamancis melakukan peninjauan ke beberapa titik tanggul yang longsor dan kritis setelah mendapat aduan dari masyarakat terhadap kondisi Tanggul Cimanuk yang longsor.

“Dapat laporan dari warga dua minggu lalu, bahwa tanggul semakin parah. Kemudian kami tinjau, ternyata benar semakin parah.”

“Sudah ratusan kuburan yang terbawa longsoran tanggul, rumah warga juga terkena dampaknya,” ujar Dedi Wahidi. 

BACA JUGA:Niat Menolong Kerabat, Owner PT CHS Malah Digugat ke Ranah Hukum

BACA JUGA:Salju Turun di Tembagapura Papua, Inilah Penjelasan BMKG

Lebih lanjut, dikatakan Dedi Wahidi, dalam kunjungan kerja kali ini, pihaknya meninjau tiga titik Tanggul Cimanuk yang longsor, yakni di Desa Cibeber dan Desa Tersana Kecamatan Sukagumiwang, Desa Pagedangan Kecamatan Tukdana, serta meninjau senderan Sungai Cimanuk di Desa Jatibarang, dan Pintu Air Sukareja Kecamatan Kertasemaya. 

“Untuk penanganan dari BBWS, dan tergantung kondisinya jika berat butuh anggaran dari APBN akan diproses, jika ringan cukup dari balai langsung tangani,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung, Dwi Agus Kuncoro mengatakan dalam upaya perbaikan tanggul, pihaknya akan memastikan terlebih dulu kondisi tanggul yang kritis.

Dalam penanganan perbaikan tanggul, sambung Dwi, akan dilakukan penanganan sementara atau darurat tapi kuat. 

BACA JUGA:Jangan Terlewatkan! Diskon Pajak Kendaraan Bermotor Masih Berlaku Sampai 31 Agustus 2023

“Penanganan tanggul yang darurat butuh penganan cepat, ini program dadakan jadi prioritas yang sudah mengancam. Kita lakukan penanganan darurat tapi kuat karena longsor itu kakinya dulu harus kuat, jika tidak kuat ya longsor lagi,” tuturnya. (oni)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase