KEREN! Kas Musola Jadi Modal Budidaya Kerang Hijau, Hasilnya untuk Pengajian dan Santunan Anak Yatim

KEREN! Kas Musola Jadi Modal Budidaya Kerang Hijau, Hasilnya untuk Pengajian dan Santunan Anak Yatim

Warga Blok Karang Glindingan, Desa Mundu Pesisir Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon menggelar peringatan Tahun Baru Islam 1445 H di halaman Musola Nurul Iman.-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kemandirian Musola Nurul Iman Blok Karang Glindingan Desa Mundu Pesisir Kecamatan Mundu, patut diacungi jempol.

Pasalnya, uang hasil donasi warga kepada musola digunakan untuk usaha budidaya kerang hijau.

Kemudian, dari hasil usaha budidaya kerang hijau digunakan untuk biaya dan akomodasi pengajian peringatan Tahun Baru Islam 1445 H sekaligus menyantuni anak yatim piatu, Sabtu 19 Juli 2023 lalu tanpa ada bantuan pihak luar. 

Dalam pengajian peringatan Tahun Baru Islam 1445 H tersebut, sebagai penceramah yakni KH Wawan Arwani dari Buntet Pesantren.

BACA JUGA:MotoGP Bakal Terapkan Aturan Baru Soal Tekanan Ban di Seri Inggris

Kuwu Desa Mundu Pesisir, Khaerun mengatakan Musola Nurul Iman blok Karang Glindingan mengadakan pengajian peringatan Tahun Baru Islam 1445 H. "Ini rutin setiap tahun dilaksanakan dan ini sudah tahun kelima,"ujarnya.

Yang membuat pihaknya bangga, yakni Musola Nurul Iman Blok Karang Glindingan mampu melaksanakan pengajian yang disertai santunan anak yatim piatu tersebut tanpa ada bantuan dari pihak luar. 

"Musola ini memang luar biasa, mereka mampu laksanakan pengajian dan santunan anak yatim tanpa mengandalkan dana dari pihak luar, mereka punya anggaran sendiri," ungkapnya.

Anggaran tersebut menurut Khaerun diperoleh hasil dari budidaya kerang hijau. 

BACA JUGA:Tak Ada Partai Politik yang Usulkan Pangganti Lucky Hakim, PAW Wabup Indramayu Macet

"Jadi awalnya musola ini punya kas, nah uang kas ini dimanfaatkan untuk usaha, yakni budidaya kerang hijau, kan ada banyak juga kelompoknya, sehingga ketika panen ada kegiatan apa, salah satunya ini pengajian peringatan Muharam dan santunan anak yatim," ujarnya.

Dan ada puluhan anak yatim piatu yang mendapatkan santunan. 

"Ada 60 anak yatim, dan semuanya berasal dari Desa Mundu Pesisir, jadi sangat membantu pemdes juga," tuturnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase