Tim Mahasiswa STMIK IKMI Cirebon Sabet Juara 3 Kompetisi IoT 2023

Tim Mahasiswa STMIK IKMI Cirebon Sabet Juara 3 Kompetisi IoT 2023

penUH inoVAsi: Tim mahasiswa sTMiK iKMi Cirebon sukses menjadi juara 3 kompetisi ioT 2023 di institut Teknik Telkom surabaya (iTTs) , Kamis (27/7/2023).-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -  Tim Mahasiswa STMIK IKMI Cirebon kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Melalui lomba Internet of Things (IOT) 2023 yang digelar oleh LPPM Institut Telkom Surabaya, tim mahasiswa STMIK IKMI Cirebon berhasil memperoleh predikat juara 3.

Tim mahasiswa STMIK IKMI Cirebon yang terdiri dari Bagus Hermawan (Prodi Teknik Informatika) dan Inggit Agustina (Prodi Komputerisasi Akuntansi) berhasil menjadi juara setelah sukses mempresentasikan dengan baik proyek inovatif mereka. Bagus dan Inggit juga berhasil meyakinkan dewan juri bahwa inovasi teknologi yang mereka usung, yakni Smart Bottle Drink Machine berpeluang menciptakan konstibusi positif dan memberikan solusi bagi tantangan masa kini dan masa depan.

Smart Bottle Drink Machine sendiri merupakan mesin berbasis IoT yang dirancang khusus untuk meracik minuman rasa dalam botol. Alat ini, kata Bagus diperuntukkan untuk membantu proses produksi dalam usaha bidang minuman rasa.

Inovasi teknologi yang mereka usung, dilatarbelakangi oleh keinginan mereka yang mempunyai usaha di bidang usaha minuman, untuk melakukan proses produksi yang lebih cepat dan juga konsistensi minuman yang lebih terjaga.

BACA JUGA:Bacaleg Heran APS Dikenakan Retribusi Pemilu Bukan Urusan Pemkot Tapi Penyelenggara Pemilu

BACA JUGA:Bupati Imron Gelar 'Mubeng' Tinjau Langsung Kondisi Wilayah dan Masyarakat Kabupaten Cirebon

"Dengan alat ini, sangat membantu dalam pembuatan minuman bisa lebih cepat, higienis dan konsistensi minumannya juga lebih terjaga, " Ungkap Inggit kepada Radar Cirebon, Sabtu (29/7/2023).

Keberhasilan mereka meraih juara 3 kompetisi IoT 2023 juga, patut disyukuri. Pasalnya, proses pembuatan alat tersebut juga terbilang lama. Namun demikian, dengan dukungan STMIK IKMI Cirebon, mereka berhasil menyelesaikan proyek inovasi  teknologi tersebut.

"Kita juga merasa sangat senang, karena kita ke Surabaya juga tidak sia-sia. Memang benar-benar ada hasilnya, " Ungkapnya.

Kompetisi IoT 2023 mengangkat tema “Technology for Future Opportunities”. Kompetisi ini digelar untuk mendorong generasi muda Indonesia untuk berinovasi dan menghadirkan solusi teknologi yang berkontribusi pada perkembangan masyarakat dan lingkungan. Para peserta diharapkan dapat mengusung proyek-proyek yang kreatif dan berpotensi memberikan dampak positif bagi masyarakat dan industri di masa depan.

BACA JUGA:Damri Buka Rute ke Bandara Kertajati dari Cirebon, Kuningan dan Bandung, Pool Ada di Lokasi Ini, Jangan Salah

BACA JUGA:Ketimbang Bandung, Bandara Kertajati Lebih Dekat Cirebon, Sumedang, Indramayu dan Subang, Perlu Transportasi

Sementara itu, dosen pembimbing tim mahasiswa STMIK IKMI Cirebon, Martanto MKom mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi prestasi yang telah dicapai oleh Bagus dan Inggit. Ia menilai, bahwa prestasi tersebut semakin mengukuhkan STMIK IKMI sebagai perguruan tinggi yang unggul di bidang teknologi informasi berbasis Artificil Intelligence (AI).

"Semoga dengan prestasi ini, mahasiswa STMIK IKMI Cirebon terus dapat menciptakan inovasi yang membawa perubahan positif bagi masyarakat, " Pungkasnya. (awr/opl)

BACA JUGA:Andai 10 Juta Penumpang Pindah, Bandara Kertajati Tetap Rugi, Pemerintah Harus Siap untuk Tombok Tekor

BACA JUGA:Nyaris 1.000 Peserta, Kejuaraan Taekwondo Cirebon Open 2023 Sukses Digelar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: